Termasuk Salad Ied di Masjid dan Lapangan Terbuka

Gegara Covid-19, Wali Kota Pekanbaru Larang Warga ke Mall, Taman Wisata dan Kafe

Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus ST MT.

Pekanbaru, Oketimes.com - Tingginya kasus penyebaran covid-19 di Kota Pekanbaru, bikin Wali Kota Pekanbaru, ambil kebijakan penting jelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/ 2021.

Kebijakan tersebut, berupa diberlakukannya penutupun Pusat perbelanjaan dan tempat wisata di Kota Pekanbaru, selama tiga hari yang dimulai dari H-1, hingga H+1 perayaan Idul Fitri tahun 2021 mendatang. Termasuk, kebijakan untuk meniadakan pelaksanaan Salat Ied di Masjid dan lapangan tahun ini.

"Untuk kegiatan ekonomi, pusat perbelanjaan umum, tempat wisata kita minta tutup selama tiga hari. Sehari sebelum hari raya, sampai sehari setelah hari raya," kata Wali Kota Pekanbaru DR Firdaus ST MT kepada wartawan usai memimpin rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, Kamis (6/5/2021) di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

Firdaus mengatakan, kebijakan ini merupakan keputusan dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, pada Kamis sore, mengingat kondisi Kota Pekanbaru masih berada di zona merah penyebaran Covid-19. Dimana kasus penularan Covid-19 masih tinggi di Kota Pekanbaru.

Namun, dia menjelaskan bahwa penutupan tempat usaha ini, akan mengecualikan usaha restoran dan rumah makan. Artinya, usaha rumah makan dan restoran masih bisa beroperasi seperti biasa dengan mengutamakan pesanan antar atau dibungkus.

"Khusus untuk restoran dan rumah makan boleh tetap buka, dengan utamakan layanan pesan antar. Nanti ada surat edaran untuk lebih jelasnya," jelas Firdaus.

Selain penutupan sejumlah tempat usaha tersebut, Firdaus juga mengatakan pihaknya meminta agar warga masyarakat menggelar salat Idul Fitri hanya di rumah. Warga tidak dibolehkan menggelar salat di masjid, musola atau lapangan.

"Untuk salat Idul Fitri 1442 H di seluruh kota Pekanbaru diadakan di rumah saja. Tidak ada solat Idul Fitri di masjid, musala dan lapangan," pungkas Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT meyakinkan.***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait