Permaisuri Sultan Siak Juga Miliki Semangat Juang Cerdaskan Bangsa Seperti RA Kartini

Ketua TP PKK Kabupaten Siak, Hj. Rasidah berfoto bersama pengurus TP PKK Siak dan warga penerima bantuan Berkah Ramadhan.

SIAK, Oketimes.com - Perjuangan Raden Ajeng Kartini pada masanya hampir serupa dengan visi dan misi perjuangan Tengku Agung Sultanah Latifah, sang permaisuri Sultan Syarif Kasim II. Tengku Agung. Mereka sama-sama memiliki semangat kuat untuk memperjuangkan emansipasi wanita dan mencerdaskan bangsa.

Hal itu diungkapkan Ketua TP PKK kabupaten Siak, Hj Rasidah bertepatan dengan hari, peringatan RA Kartini, 21 April 2021. Berdasarkan catatan sejarah, permaisuri sultan Siak ini merupakan pendiri Latifah School.

"Kami berharap kaum perempuan di Kabupaten Siak mampu mencontoh sosok Kartini maupun Tengku Agung Syarifah Latifah. Sosok permaisuri sultan sebagai pejuang pendidikan harus diteladani oleh generasi milenial saat ini," sebutnya.

Rasidah melanjutkan, perempuan Siak harus memiliki semangat juang dalam membangun keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara serta memajukan generasi penerus, sehingga nantinya muncul Kartini-Kartini baru di negeri melayu.

"Makanya kaum hawa di Siak bisa meniru perjuangan dari Syarifah Latifah, agar sejajar dengan pria tapi tidak lantas melupakan kodratnya," kata istri Bupati Siak Alfedri.

Di ujung obrolan santai tersebut, istri Bupati Siak ini tak lupa menyampaikan ucapan selamat Hari Kartini.

“Meskipun ditengah Pandemi Covid-19 kami tidak lupa hari bersejarah ini. Karena itu, atas nama TP PKK Kabupaten Siak dan pribadi kami mengucapkan selamat hari Kartini," ucapnya. ***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait