Bupati Rohil Hadiri Penanaman Perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat KUD Karya Mandiri

Bupati Rokan Hilir H Suyatno menghadiri acara Penanaman Perdana Kelapa Sawit Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) 2020 seluas 146 hektar milik KUD Karya Mandiri Kepenghuluan Lubuk Jawi Kecamatan Balai Jaya, Sabtu (3/4/2021).

ROKAN HILIR, Oketimes.com - Bupati Rokan Hilir H Suyatno menghadiri acara Penanaman Perdana Kelapa Sawit Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) 2020 seluas 146 hektar milik KUD Karya Mandiri Kepenghuluan Lubuk Jawi Kecamatan Balai Jaya, Sabtu (3/4/2021).

Program PSR tahun 2020 ini terlaksana di Kecamatan Balai Jaya kerja sama dengan PT Salim Invomas Pratama dan Dinas Perkebunan Provinsi dan Kabupaten yang dihadiri langsung Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah APKASINDO Bidang Peremajaan Wahyu Wibowo, APKASINDO Rokan Hilir Tomy Sihombing, Kadis Pertanian Rohil M Rusli, Ama 1 Riau PT Salim Invomas Pratama H. Darsono dan Camat Balai Jaya Samsuhir S.Pd.

Plt Kadis Perkebunan  Feri Perdinan SP menyampaikan laporan bahwa tahun 2020 Kabupaten Rokan Hilir mendapat target Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) Seluas 3 ribu Hektar melalui Dirjen Perkebunan.

"Dari target tersebut yang dapat direalisasikan hanya seluas 680 Hektar dengan berbagai kendala yang dilapangan sehingga target tidak teralisasi semua," ucapnya.

Dihadapan Bupati Rokan Hilir Plt Dinas Perkebunan kembali melaporkan pada tahun 2021 ini Rokan Hilir mendapat Jatah untuk PSR seluas 2 ribu Hektar.

"Tahun ini 2021 oleh Dirjen Perkebunan Republik Indonesia, melalui PT SI di Kabupaten Rokan Hilir mendapat jatah PSR kembali seluas 2 ribu hektar dan saat dalam proses survey lokasi semoga tahun ini dapat kita maksimalkan dalam realisasinya," tutur Plt Kadis Perkebunan Rokan Hilir.

Sementara Perwakilan PT  Salim Invomas Pratama, Ama 1 Riau H.Darsono menyampaikan komitmen dalam menyukseskan Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat.

"Sebagai Perusahaan Swasta Nasional yang bergerak di bidang Perkebunan Kelapa Sawit PT Salim Invomas Pratama berkomitmen menyukseskan program PSR sehinga dapat turut serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Rokan Hilir," ujarnya

Bupati Rokan Hilir H Suyatno dalam sambutanya menyampaikan Rokan Hilir ini istimewa karena untuk Provinsi Riau Program PSR Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo dan Staf Ahli Presiden Jenderal Purn Moeldoko mengahadiri penanaman Perdana.

"Dengan perkebunan sawit yang luas membentang di Rokan Hilir menjadi daya tarik tersendiri sehinga Dimata Pemerintah Pusat istimewa sehinga 2dua tokoh besar Indonesia hadir dalam penanaman Perdana Program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Kecamatan Bagan Sinembah dan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir," tutur Suyatno.

Bupati Rohil mengatakan Sesuai Laporan yang diterimanya jatah yang di miliki Rohil untuk Program PSR masih banyak yang belum teralisasi dan saat ini masih di dominan oleh KUD yang berdomisili di Kepenghuluan Eks Transmigrasi karena sudah memiliki legalitas SHM (Sertifikat Hak Milik).

"Masyarakat Rokan Hilir memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan Program PSR tetapi kelengkapan Adminitrasi surat surat kepemilikan segera dilengkapi baru melalui KUD ataupun Kelompok Tani bisa mengajukan," ujarnya.

Suyatno juga menjelaskan Kegiatan Peremajaan Kelapa sawit rakyat ini merupakan bagian untuk menjaga komoditas sawit sebagai komoditas strategis Nasion agar tetap berkelanjutan.

"Dengan melalui program ini dapat meningkatkan perekonomian Nasional,seperti laporan yang saya terima di salah satu lahan yang sudah ditanam melalui program ini hanya kurun waktu 2 tahun 2 bulan sudah menghasilkan buah pasir dan ini layak di apresiasi berarti kwalitas bibit dan perawatannya sangat maksimal," ucap Bupati kembali.

Dirinya menyampaikan di ujung pidatonya sebentar lagi kita menyambut bulan suci ramadhan dan menjalankan ibadah puasa.

"Atas nama diri sendiri dan keluarga mungkin ada perkataan yang kurang pada tempatnya dengan kerendahan hati mengucapkan maaf," pungkasnya.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait