Program Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir

Bupati Rohil Dampingi Gubri, Danrem dan Kapolda Riau Panen Raya di Pekaitan

Bupati H Suyatno bersama Gubernur Riau H. Syamsuar, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si, hadiri Panen Raya Program Ketahanan Pangan Pemda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Binaan Kodim 0321/Rohil Korem 031/Wirabima pada Selasa (30/03/2021) di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan, Kab Rohil, Riau.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Bupati H Suyatno bersama Gubernur Riau H. Syamsuar, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH, SIK, M.Si, hadiri Panen Raya Program Ketahanan Pangan Pemda Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Binaan Kodim 0321/Rohil Korem 031/Wirabima pada Selasa (30/03/2021) di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan, Kab Rohil, Riau.

Dalam acara tersebut, juga hadir Kepala Bulog Riau-Kepri Bahtiar Sekar, Dandim 0321/Rohil Letkol Agung Rakhman Wahyudi, SIP, MI.Pol, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, SIK, SH, Wakil Ketua DPRD Rohil Hamzah, S.Hi, M.M, Kepala Kejari Rohil Yuliarni Appy, SH, MH, Danpom AL Dumai Mayor Laut Anton Sugiharto, Sekda Rohil H.M. Job Kurniawan, M.Si, para Danramil dan Pasi Dim 0321/Rohil, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, SH serta Upika Kecamatan Pekaitan.

Bupati Suyatno dalam sambutannya mengatakan lahan seluas kurang lebih 500 hektar itu, merupakan lumbung padi negeri julukan seribu kubah, setelah lepas dari Kabupaten induk Bengkalis, lahan tersebut merupakan tanah timbul dan dimanfaatkan oleh masyarakat, sementara luas panen padi yang akan dilaksanakan hari ini yaitu seluas 186 Ha.

"Di lahan seluas 350 hektar ini merupakan satu-satunya harapan masyarakat Rohil, untuk menjadi salah satu lumbung padi di Rohil," ungkap Suyatno.

Ia minta agar Camat dan Datuk Penghulu yang mengelola daerah tersebut, untuk tidak menjual lahan tersebut kepada orang lain dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk dijadikan lahan persawahan sebagai lumbung padi andalan di Kabupaten Rokan Hilir kedepannya.

"Hari ini Gubernur bersama rombongan tidak hanya sekedar memanen padi, namun memberikan sumbangan keuangan untuk pembangunan kilang padi milik BUMDes yang tadi telah diresmikan oleh pak Gubri. Begitu juga dengan adanya pembangunan Jembatan Pekaitan yang sudah siap dibangun yang juga merupakan bantuan Gubri," papar Suyatno.

Terakhir, Suyatno berharap kepada Gubernur Riau yang menjadi harapan masyarakat Rohil, agar pembangunan Jalan Lintas Pesisir yang merupakan satu-satunya urat nadi masyarakat Rohil sebagai transaksi, terutama sekali mengangkut hasil panen padi dan lainnya keluar daerah.

Sementara itu, Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI M. Syech Ismed, SE, M.Han dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan gembira atas terlaksananya panen raya padi yang ketiga kali yang dilakukan saat itu.

"Kita semua bersyukur dan menyambut gembira kegiatan panen raya hari ini karena ini merupakan panen raya yang ketiga kali dilakukan, karena sebelumnya telah dilaksanakan panen raya pertama seluas 40 Ha dengan hasil 180 ton. Semoga panen raya ini dapat menjadikan Rohil sebagai wilayah penghasil padi di Riau," ucapnya.

Tidak pelak, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya juga mengatakan, bahwa panen raya padi tersebut merupakan panen kedua yang dihadirinya bersama Danrem, namun kali ini panen raya lebih besar yakni seluas 350 hektar.

Dikatakan Gubri, Panen Raya tersebut merupakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan mengapresiasi pemkab Rohil, karena sudah berhasil merubah yang tadinya lahan kebun sawit, digantikan menjadi lahan persawahan dan hasilnya luar biasa.

Lantaran itu, Syamsuar berpesan kepada para Petani tidak hanya fokus pada satu komoditi, tanaman harus disesuaikan dengan kondisi lahan yang ada.

"Saya bangga dengan adanya peningkatan pertanian masyarakat di Rokan Hilir Pesisir ini, karena disaat riau butuh ketahanan pangan, serta hasil pertanian yang ada Riau masih kekurangan beras. Semoga Panen Raya ini terus ditingkatkan untuk ketahanan pangan di riau," pungkas Gubri.***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait