Ikuti Launching E-TLE Nasional, Kapolda Turut Resmikan Pelayanan Terpadu Online Polda Riau

Dari kanan ke kiri, Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE bersama Gubernur Riau H Syamsuar dan Kajati Riau Djaja Subagja, memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Launching Electronic Trafic Low Enforcement (E-TLE) Nasional secara virtual yang dilaunching Kapolri dan sekaligus melaunching Pelayanan Terpadu Online Polda Riau, Selasa (23/03/2021) di Riau Safety Driving Center (RSDC) Pekanbaru.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, hadiri Launching Electronic Trafic Low Enforcement (E-TLE) Nasional secara virtual yang di launching Kapolri dan sekaligus Kapolda Riau melaunching Pelayanan Terpadu Online Polda Riau, Selasa (23/03/2021) di Riau Safety Driving Center (RSDC) Pekanbaru.

Kegiatan Launching itu, dihadiri oleh Gubernur Riau H Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE, Kajati Raiu Djaja Subagja, Katua Pengadilan Tinggi Riau diwakili Wakapengti, Danrem 031 WB yang diwakili Kasi Intel, Wakapolda Brigjen Pol Tabana, dan Pejabat utama Polda Riau.

Hadir juga pada acara tersebut, Wali Kota Pekanbaru yang diwakili Wakil Wali Kota Ayat Cahyadi, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Kajari Pekanbaru Andi Suharlis, Ketua Pengadilan Negeri Kota Pekanbaru Saut Maruli Pasaribu serta Kepala Kantor Regional II PT. POS Indonesia Persero Riau Kepri.

Dalam launching E-TLE itu, Kapolri dalam sambutannya mengatakan bahwa E-TLE tersebut, merupakan salah satu program yang disampaikan kepada masyarakat saat fit dan propertes dengan DPR-RI dan hal tersebut harus dilaksanakan dalam program 100 hari Kapolri.

"Program E-TLE ini, salah satu penjabaran program pak Presiden. Beliau mengharapkan, agar Polri terus membangun siatem di bidang hukum, dengan mengembangkan teknologi informasi, dan itu kami kembangkan dalam program pelayanan Kepolisian, khususnya bidang Lalulintas, seperti pelayanan SIM, STNK dan lainnya”, papar Jenderal Sigit.

Setelah launching E-TLE Nasional dan dilanjutkan dengan demo Live E-TLE Nasional, Kapolda Riau menyambung dengan meresmikan beroperasinya Pelayanan Online Terpadu Polda Riau.

Kapolda Riau Irjen Agung dalam sambutannya mengatakan dengan diresmikannya E-TLE penilangan secara elektronik yang diresmikan langsung oleh Kapolri, menjadikan Provinsi Riau menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sistem baru ini.

"Launchingnya E-TLE oleh Kapolri tadi, Riau menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sistem baru ini. Hal ini merupakan langkah awal melakukan lompatan dalam perubahan yang lebih cepat. Esensi dari penyelenggaraan tilang secara elektronik ini, adalah untuk menghidari interaksi petugas dan pelanggar, sehingga diharapkan masyarakat ataupun pengguna jalan tidak terganggu," sebut Irjen Agung.

Dikatakannya, selama sebulan ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi dan kegiatan Penindakan secara elektronik yang akan dimulai setelah satu bulan kedepan.

"Bulan pertama, kita akan lakukan peringatan dan sosialisasi yang disampaikan melalui media sosial dan media lainnya dengan menyiapkan konten-konten, dengan maksud, agar mudah dipahami masyarakat Riau," terang Agung.

Menurutnya, Pelayanan Terpadu Online Polda Riau yang diresmikan Kapolda Riau, merupakan program yang tak terpisahkan dari program Kapolri yakni pelayanan yang terintegrasi terpadu secara online untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

Pelayanan terpadu Polda Riau secara online ini, akan memberikan 11 macam pelayanan, antara lain Emergency Respon 110 Pelayanan Darurat yang diselenggarakan dengan Kolaborasi Smart Madani Rescue.

Selanjutnya, juga sekaligus pelayanan terkait perpanjangan SIM online, SKCK online, STTP unjukrasa, Ijin keramaian, Laporan Kehilangan, KTA Satpam, Rekomendasi Senjata, Dumas Presisi Itwasda, Rekomendasi Bahan Peledak serta Pelayanan Pengaduan Propam.

"Harapannya, ini menjadi langkah konkret Polda Riau dalam memberikan pelayanan terbaik serta memberikan jawaban atas keluhan masyarakat Riau," ujar Irjen Agung.

Selain itu lanjut Agung, Polda Riau tentunya mengharapkan dukungan pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat, agar Pelayanan Online Terpadu Polda Riau tersebut, dapat berkembang serta digunakan oleh seluruh Masyarakat Riau.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait