Sukses Atasi Karhutla Lewat Aplikasi Dashboard Lancang Kuning, Projo Riau Apresiasi Kapolda Riau

Ketua DPD Projo Provinsi Riau Sonny Silaban ST, menyampaikan apresiasi dan memberikan penghargaan tinggi kepada Kapolda Riau Irjen Agung SIE, saat menerima audiensinya di ruang kerjanya, Senin 22 Maret 2021 di Mapolda Riau.

PEKANBARU, Oketimes.com - Dinilai sukses mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) dengan menggunakan Aplikasi Dashboard Lancang Kuning, Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi, S.H S.I.K MSI, kembali mendapatkan apresiasi tinggi atas prestasi yang telah di ukirnya selama ini.

Kali ini, giliran Ketua DPD Projo Provinsi Riau Sonny Silaban ST, menyampaikan Apresiasi dan Memberikan penghargaan tinggi kepada Kapolda Riau Irjen Agung SIE, saat menerima audiensinya di ruang kerja nya, Senin 22 Maret 2021 di Mapolda Riau.

Dalam audiensi tersebut, Sonny Silaban bersama pengurus DPD Projo Riau, mengutarakan bahwa selama kepemimpinan Irjen Pol Agung SIE sebagai Kapolda Riau, terobosan luar biasa sudah dilakukan, khususnya dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.

"Hanya mengandalkan Aplikasi Lancang Kuning, kondisi kebakaran hutan dan lahan di Riau bisa teratasi dengan cepat dan baik dilakukan oleh Polda Riau dan Jajaran. Hal tersebut tidak terlepas dari komitmen Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE, dalam memberikan motivasi dan arahan kepada jajarannya," ujar Sonni.

Menurut Sonny Silaban, terobosan yang dilakukan Kapolda Riau dalam menerapkan sistim digitalisasi di era Industri 4.0 saat ini, adalah merupakan langkah yang tepat dilakukan Irjen Pol Agung SIE.

"Karena dengan mengandalkan sistim pelayanan satu pintu lewat teknologi informasi digital ini, semua sistim yang sudah terdata dalam aplikasi tersebut, bisa dilaksanakan oleh jajarannya dengan baik di seluruh wilayah Hukum Polda Riau," papar Sonny.

Dalam perbincangan nya bersama Kapolda Riau dalam audiensi tersebut, Sonny Silaban mendapat informasi bahwa keberadaan Aplikasi Lancang Kuning tersebut, saat ini hampir dibeberapa wilayah Kepolisian Daerah lainnya, telah mengadopsi program Lancang Kuning dalam menerapkan sistim informasi dalam mengatasi Karhutla di beberapa daerah Kepolisian di provinsi lain.

Salah satunya beber Sonny, seperti penerapan sistim digitalisasi Karhutla di wilayah Polda Sumatera Utara, Sumsel dan beberapa wilayah Kepolisia Daerah provinsi lainnya seperti di Kalimantan, yang kini Aplikasi Dashboard Lancang Kuning menjadi acuan secara Nasional, setelah mendapat apresiasi tinggi dari Presiden Jokowi dan Kapolri belum lama ini.

Tidak sampai disitu lanjut Sonny Silaban, guna mendukung program Kapolri yang Prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan alias Presisi, dalam waktu dekat ini Kapolda Riau akan meluncurkan Aplikasi Layanan satu pintu dalam memberikan pelayanan, atau pengaduan masyarakat nantinya.

"Dalam aplikasi tersebut, kita akan lengkapi sistim informasi pelayanan satu pintu terpadu. Mulai dari pengurusan SKCK, Pengurusan SIM, Sistim pengurusan Tilang kendaraan, mempertanyakan perkembangan laporan masyarakat, pengaduan masyarakat dan Emergency Call," papar Sonni menirukan pernyatan Irjen Agung.

Usai mendapat informasi penting tentang pelayanan Polda Riau dengan menerapkan sistim digital dalam mendukung program Kapolri yang Presisi.

Tidak lama kemudian Sonni Silaban, memberikan Piagam Penghargaan kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, SH, SIK MSi dan dilanjutkan foto bersama dengan Ketua dan Pengurus Projo DPD Riau yang hadir saat itu.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait