Sambil Pegang Alkitab, Listyo Sigit Prabowo Ucapkan Sumpah-Janji Jabatan Kapolri

Listyo Sigit Prabowo mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pelantikan Kapolri di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021). (Foto: Biro Pers dan Media Istana Kepresidenan).

Jakarta, Oketimes.com - Listyo Sigit Prabowo telah resmi menjadi Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), usai dilakukan prosesi pelantikan sebagai Kapolri yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Sebelum memimpin pengucapan sumpah atau janji jabatan Kapolri, Presiden Jokowi sempat bertanya kepada Sigit tentang keyakinan kepercayaan agamanya.

"Apakah Saudara beragama Kristen?" ujar Presiden Ketujuh RI itu meyakinkan.

Dengan sigap, Sigit pun menjawab tegas. "Kristen," katanya di depan Presiden Jokowi dan para hadirin yang hadir saat itu.

Selanjutnya, Jokowi menanyakan kesediaan Sigit diambil sumpahnya menurut agama Kristen. "Bersedia," kata perwira Polri kelahiran 5 Mei 1969 itu.

Tepat disebelah kiri Sigit, sudah berdiri seorang pembimbing rohaniwan Kristen yang membawa Alkitab, sebelum Sigit mengucapkan sumpah jabatan sebagai Kapolri.

Lengan kirinya Sigit pun menempel di atas Alkitab dan kemudian ia bersumpah dengan mengikuti kata-kata yang dibacakan Jokowi.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Sigit mengikuti ucapan Jokowi.

Kemudian lanjut Jokowi "Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata. Kiranya Tuhan menolong saya," ucap Jokowi di depan para pimpinan lembaga negara itu dengan tegas.

Usai membacakan sumpah jabatan, Sigit pun telah resmi menjadi Kapolri dan bintang di pundaknya yang semula tiga telah menjadi empat.

Presiden Jokowi diikuti Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan ucapan selamat kepada Sigit. Namun, tak ada jabat tangan dalam pemberian ucapan selamat tersebut.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait