Satgas Kesehatan TNI Bantu Proses Persalinan Korban Bencana di Posko Gempa Sulbar

Tiga dokter dari tim kesehatan TNI yakni Letda Ckm dr. Alfred Doni Purba (Yonkes 1 Kostrad), Letda Laut (K) dr. Andre Prasetyo Mahesya (Yonkes-1 Marinir) dan Letda Kes dr. M. Ibnu Fazar SP (Yonkes AU) dibantu oleh dr. Wulan (Puskesmas Rangas) dan Bidan di Posko Puskes TNI di Komplek Kantor Gubernur Sulbar, Jl. Abdul Malik Pattana Endeng Kelirahan Rangas, Kec. Simboro, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat berhasil membantu proses persalinan ibu Nurdah dengan baik dan lancar, Sabtu (23/1/2021).

Mamuju, Oketimes.com - Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI dari Batalyon Kesehatan tiga Matra TNI kembali melaksanakan aksi kemanusiaan membantu proses persalinan warga Korban gempa bumi di Mamuju Sulawesi Barat.

Tiga dokter dari tim kesehatan TNI yakni Letda Ckm dr. Alfred Doni Purba (Yonkes 1 Kostrad), Letda Laut (K) dr. Andre Prasetyo Mahesya (Yonkes-1 Marinir) dan Letda Kes dr. M. Ibnu Fazar SP (Yonkes AU) dibantu oleh dr. Wulan (Puskesmas Rangas) dan Bidan di Posko Puskes TNI di Komplek Kantor Gubernur Sulbar, Jl. Abdul Malik Pattana Endeng Kelirahan Rangas, Kec. Simboro, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat berhasil yang membantu proses persalinan ibu Nurdah dengan baik dan lancar, Sabtu (23/1/2021).

Ibu Nurdah, salah satu pengungsi yang tinggal di kluster pengungsian kantor Gubernur Sulbar, pada pukul 18.00 WITA, didampingi suami dan dokter dr. Puskesmas mendatangi posko kesehatan TNI dan menyampaikan keluhan kalau ketuban pasien sudah pecah.

Selanjutnya setelah diperiksa ternyata benar dan tim Satgas langsung menyiapkan peralatan untuk proses persalinan.

Proses persalinan berlangsung dari pukul 20.00 hingga pukul 21.15 WITA berjalan lancar dan sukses. Bayi lahir jenis kelamin perempuan dengan proses persalinan normal.

Pasutri ibu Nurdah dan bapak Udin yang dikaruniai bayi perempuan tersebut adalah anak ke enam dan berterima kasih kepada tim Kesehatan TNI yang telah membantu proses persalinan.

"Terima kasih banyak saya ucapkan bagi TNI dan semua yang bertugas di kantor Gubernur atas bantuannya," ucap ibu Nurdah.

Letkol Ckm Ngatmin, Amk selaku Dansatgas Kes TNI mengatakan bahwa setelah proses persalinan selesai sang ibu dan bayi dirujuk ke RS Regional Provinsi untuk dilaksanakan observasi dan untuk mendapatkan perawatan selanjutnya.

"Proses evakuasi menggunakan mobil ambulan dari Puskesmas Tabulahan Kabupaten Mamasa yang tergabung dalam klaster kesehatan bersama satgas kesehatan TNI," katanya.
 
Selanjutnya, Tim Satgas Kesehatan TNI dipimpin Letda Kes dr. Ibnu mengunjungi rumah ibu Nurdah sambil membawa bantuan perlengkapan bayi berupa susu, baju, popok, botol dot, tisue basah dan keperluan lainnya.

"Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memberi kami bantuan berupa perlengkapan bayi," kata ibu Nurdah.***

 

Autentifikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Dr. Edys Riyanto, M.Si.

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait