Ketua P5 Sebut Semangat Pahlawan Masih Berkobar dalam Jiwa Anak-Anak Papua

Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Yanto Eluay, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba menggambar dan baca puisi kepada pelajar SD hingga SMP pada Selasa (10/11/2020) di wilayah Papua dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang dilaksanakan selama tiga hari, 7 hingga 10 November 2020.

Papua, Oketimes.com - Antusiasme pelajar SD hingga SMP di wilayah Papua sangat tinggi dalam mengikuti lomba menggambar dan membaca puisi pada peringatan Hari Pahlawan tahun 2020. Lomba yang dilaksanakan selama tiga hari, 7 hingga 10 November 2020 itu, mengusung tema "Pahlawan Dalam Diriku", diikuti oleh ratusan siswa-siswi SD dan SMP.

Kegiatan bertajuk lomba menggambar untuk anak kelas IV sampai kelas VI tingkat SD dan lomba baca puisi untuk anak usia SMP, diinisiasi oleh Organisasi Masyarakat (Ormas) Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Provinsi Papua beker jasama dengan Rumah Belajar Papua (Papua Hey) di Pendopo Igwa-Igwa Ondikeleuw Haleufoiteuw Hele Wabhouw, Jalan Bisteur Pos, Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Ketua Presidium Putra Putri Pejuang Pepera (P5) Yanto Eluay, Selasa (10/11/2020) mengatakan, semangat yang ditunjukkan anak-anak pada lomba menggambar dan membaca puisi sangat luar biasa.

Hal ini menunjukan bahwa semangat pahlawaan masih berkobar dalam jiwa anak Indonesia, khususnya anak-anak Papua.

"Kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan bagi anak-anak kita dan sangat bagus karena bisa  membangkitkan kesadaran siswa-siswi SD dan SMP akan kebesaran bangsa Indonesia dan Pahlawan Indonesia khususnya Pahlawan dari asal Papua," tuturnya.

Pria yang juga Ondofolo Kampung Sereh juga menyampaikan bahwa Papua memiliki pahlawan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR).

"Generasi muda dan anak-anak kita, baik itu dari tingkat SD sampai SMP harus memahami serta mengetahui siapa saja pahlawan Indonesia, khususnya pahlawan yang berasal dari Papua," katanya.

Ditempat yang sama, Kasrem 172/PWY Kolonel Inf Achmad Fauzi menyampaikan bahwa lomba dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional sangat penting dibuat, guna menanamkan rasa kebangsaan kepada anak-anak Papua.

"Kepada generasi muda Papua khususnya anak-anak pelajar baik SD dan SMP untuk mencontoh semangat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dan membangun Indonesia khususnya Papua," ajaknya.

"Mari kita mencontoh dan menjiwai semangat para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dengan terus belajar secara tekun untuk mencapai prestasi yang luar biasa, sehingga bangsa Indonesia dapat mencapai cita-cita nasional menjadi Indonesia Emas pada tahun 2045,” tambahnya.

Issabella Gloria salah satu peserta yang menjadi juara 1 lomba baca puisi merasa sangat bahagia dan gembira karena tidak menyangka dapat terpilih menjadi juara satu dalam lomba baca puisi yang diikuti oleh ratusan pelajar SMP di wilayah Jayapura dan Sentani.

Dia berharap agar kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan sehingga dapat diikuti oleh seluruh pelajar baik tingkat SD maupun SMP yang ada di Papua.

"Kegiatan semacam ini dapat mengasah kemampuan sekaligus untuk menunjukan bahwa anak-anak Papua juga mampu berprestasi dalam bidang seni," ucapnya.

Pemenang lomba menggambar  pada peringatan hari pahlawan, Juara 1 Rifqy Alif Zulfadly dari SDN Inpres Bucen 2 Entrop, Juara 2 Muhammad Nabil Nur dari MI Al Ikhlas Doyo Baru, Juara 3 Sanice Massie.

Sedangkan lomba baca puisi, Juara 1 adalah Issabella dari SMP Papua Kasih, Juara 2 Richo dari SMP Papua Kasih dan Juara 3 Gadis Amelia Putri dari SMPN 1 Jayapura.

Para pemenang lomba menggambar dan baca puisi mendapatkan hadiah berupa Sepeda,  Uang tunai dan Sertifikat.***


(Pen Kogabwilhan III)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait