Tembok Saluran Irigasi Amblas, Pemilik Tanaman Padi Minta Segera Diperbaiki

Misdi menujukkan tembok saluran irigasi yang amblas dan menimpa tanaman pada miliknya.

Simalungun, Oketimes.com - Akibat hujan deras, tembok saluran irigasi sepanjang 25 meter amblas dan menimpa tanaman padi milik warga di Dusun Sukamulia, Nagori Pinang Ratus, Kecamatan Jorlang hataran.

Informasi dihimpun dari pemilik tanaman padi Misdi Deni mengatakan tembok saluran irigasi tersebut amblas dua hari yang lalu saat hujan deras.

"Saat itu curah hujan sangat deras dari sore hingga malam hari dan menimbulkan luapan air yang sangat besar, besok paginya saya lihat sudah amblas dan menimpa tanaman padi saya," ujar Misdi kepada media ini di lokasi, Selasa (6/10/2020).

Dikatakannya, jika hujan turun debit air akan meluap akibat kiriman dari areal perkebunan PTPN IV Bah Birong Ulu, sehingga saluran irigasi yang ada tidak sanggup menampung luapan debit air.

"Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui dinas terkait, agar tembok saluran irigasi yang amblas, segera diperbaiki. Apalagi saat ini musim penghujan, jika tidak segera diperbaiki kita kwahatir tembok irigasi ini akan amblas dan melebar," ulasnya.

Misdi khawatir jika tidak segera diperbaiki, sebanyak 8 rante tanaman padi saya dan puluhan hektar tanaman padi milik warga lainnya akan dihantam luapan air, padahal 1 bulan kedepan sudah akan di panen, dan meminta kepada dinas terkait, agar segera memperbaikinya.

Terpisah, Kepala UPT Dinas Pengololaan Sumber Daya Air (PSDA) Kecamatan Jorlang Hataran M. Saragih ketika dikonfirmasi di kantornya mengatakan sudah meninjau tembok irigasi yang amblas.

"Kemarin sudah kita tinjau dan langsung kita laporkan ke Kabupaten, semoga segera mendapat tanggapan dari dinas, agar segera diperbaiki, kita tunggu saja petunjuk dari Kabupaten," katanya.***


Reporter : Firma

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait