Hebat, Kemenag Siak Lauching 4 Item Inovasi Peningkatan Pelayanan Haji dan Umroh

Foto: Diskominfo Siak

Siak, Oketimes.com - Dalam rangka meningkatkan Pelayanan masyarakat khususnya Seksi Panyelenggaraan Haji dan Umroh di wilayah kabupaten Siak, Kementerian Agama Kabupaten Siak me-Lauching Item Inovasi pelayanan Haji dam Umroh yang di Lauching secara resmi oleh Kepala Kemenag Siak Drs H Muharom di kantor Kementerian Agama Siak Rabu (23/09/20).

Hadir pada kesempatan ini kepala Imigrasi kelas II Siak yang di wakili oleh Kasi Tekhnologi dan Informasi Zikri Adriansyah Panjaitan SH.MSi dan rekan, KUA se Kab Siak, Agen Travel Haji dan Umrah dan pimp bank Riaukepri Syariah Siak.

Setelah selesai melauching dan menandatangi 4 item inovasi pelayanan haji dan Umroh, 

Kakan Kemenag Drs H Muharom dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sudah lama akan kita Lauching, tetapi karena situasi covid-19, maka sedikit tertunda, dan saat ini baru kita laksanakan.

"Hari ini kita melauching 4 item bentuk pelayanan masyarakat khususnya bidang Haji dan Umroh yang bertujuan untuk memberikan kemudahan pengurusan, pembuatan pasport, dan melihat jadwal keberangkatan khususmya bagi calon jamaah haji dan umroh yang ingin berangkat ke tanah Suci," katanya.

4 item pelayanan ini menggunakan sistem Online, adalah: 

1) Recomendasi Pasport Umroh Online,
2) Kartu Antrian Pendaftaran Haji,
3)Index Kepuasan Masyarakat (IKM) online dan 
4) Sistem Informasi fan Kearsipan Haji digital (E-katalog)

Dengan 4 item pelayanan ini, artinya masyarakat yang ingin membuat pasport haji dan umroh, melihat usia, waktu keberangkatan nomor porsi dan lain sebagainya para calon cukup menggunakan Smartpone.

Kita telah melakukan kerjasama dengan pihak kantor Imigrasi  yang gunanya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat kita.

"Saat ini imigrasi telah membuka pelayanan pembuatan Pasport datang ke lokasi, bagi kelompok masyarakat yang ada di daerah dengan mengumpulkan 20 orang, lalu mengajukan surat ke kantor Imigrasi, dan petugas Imigrasi siap datang ke tempat untuk melakukan pembuatan pasport," tutup Muharom.

Sementara itu Kasi Haji dan Umroh H Zubir Efendi MA menjelaskan bahwa terkait 4 Item inovasi baru yang kita Lauching saat ini adalah

1. Rekomendasi pasport Umroh online. hal ini dapat dilakukan dengan mudah oleh calon umroh secara online. Artinya tidak perlu datang ke kantor Imigrasi

2. Sistem informasi E katalog. Yang mana semua file yang kita record bisa tersimpan, dan para jamaah bisa melihat melalui smartpone. Disamping itu para jamaah bisa melihat dan melacak. berapa umur, berapa nomor porsi dan kapan mereka berangkat.

3. Kartu Haji pintar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para jaah untuk mendapatkan panduan dan Pengetahuan haji yang telah dibuat per item

4. Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk memudahkan para jamaah untuk melakukan poling dan usulan terhadap tingkat kepuasan sehingga ini bisa menjadi pertimbangan bagi penyelenggara haji dan umroh.

(man)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait