Alfedri Cari Solusi untuk Pernenuhan Pompa Air Petani di Sabak Auh

Bupati SIak menghadiri panen raya di Kampung Belading Kecamatan Sabak Auh Kab Siak

Siak, oketimes.com - Kesekian kalinya, Kecamatan Sabak Auh menggelar panen raya dua kali juga tahun ini dihadiri oleh Bupati Siak Alfedri. Sebelumnya pada akhir Juli lalu di Kampung Laksamana dan kali ini di Kampung Belading.

Luas lahan sawah yang terhampar di kecamatan Sabak Auh ini sekitar 370 hektar, sudah dipanen sekitar 75 persen atau sekitar 270 hektarnya.

Penghulu Kampung Belading Muhammad Idris mengaku panen raya bersama Bupati Siak H Alfedri sudah lama direncanakan. Namun tertunda beberapa kali karena aktivitas Bupati sangat padat.

"Jadwal pak bupati padat, baru ini bisa dilakukan pane raya bersama," kata M Idris saat memberikan sambutan pada acara Panen Raya, Selasa (11/08/20).

Dikatakan Idris, Sabak Auh merupakan centra padi kedua setelah Bungaraya, meski fasilitas pertanian padi masih minim. Selain alat pertaniannya, infrastruktur jalan ke sawah dan irigasinya juga perlu peningkatan dan perbaikan.

"Pada umumnya hasil panen petani padi itu 6 ton dan ada kalanya sampai 8 ton per hektar. Kalau jalannya rusak, susah juga mengangkut gabah keluar. Begitu juga, jika airnya terbatas, sawah akan kering di musim panas," kata Penghulu.

Muhammad Idris melanjutkan bahwa saat ini kita sudah mempunyai 4 Pompa untuk mengalirkan air ke sawah petani. Namun yang dapat dipakai hanya 2 pompa saja. Hal itu dikarenakan daya listrik tidak sanggup untuk menghidupkan pompa air tersebut secara bersamaan.

Sementara lahan sawah luas, maka tidak akan mampu untuk mengaliri air ke sawah secara maksimal. maka dalam hal ini para petani sering gundah dengan hal ini.

"Untuk itu dalam kesempatan ini saya berharap kepada dinas terkait agar dapat mencarikan solusinya demi kelancaran usaha para petani padi ini," harap Idris.

Bupati Siak Alfedri menyebutkan masalah irigasi yang disampaikan petani ini akan dicarikan solusinya oleh Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar.

"Kadis PU kita itu S2 nya di India, jadi nanti ini akan segera dicarikan solusinya. Apa yang menjadi keinginan masyarakat, itu tentunya akan menjadi perhatian kami juga untuk mewujudkannya. Apakah nanti di sana perlu normalisasi atau membuat penampungan air yang lebih luas, biar nanti dikaji ulang dulu," sebut Alfedri.

Selanjutnya Bupati Siak, Alfedri bersama Camat Sabak Auh Tengku Mukhtasar, Sekretaris Dinas Pertanian, Penghulu Belading dan sejumlah Upika Sabak Auh turun ke sawah untuk menyabit padi. Penghujung acara Bupati Alfedri juga mengemudikan mesin untuk memanen padi.

Jenis padi yang ditanam oleh petani di Belading hampir sama dengan petani di Laksamana, yaitu Inpari, Sertani, Logawa dan Anak Dara.

Sejak ada pembangunan irigasi dari Dinas PU Tarukim Siak, petani di Sabak Auh sudah menanam IP 200 atau setahun 2 kali panen. (man)

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait