Breaking News, Ledakan Besar Guncang Kota Pesisir Beirut Libanon

Ledakan dahsyat di Beirut, Libanon, Selasa (4/8/2020) malam (theprovince)

Beirut, Oketimes.com - Ledakan besar menyerupai bom Nuklir mengguncang Kota Pesisir Beirut Libanon pada Selasa (4/8/2020) waktu setempat.

Dilansir dari AFP, ledakan itu merusak sejumlah bangunan besar dan tinggi di lokasi ledakan. Tampak asap membumbung tinggi di sejumlah titik dan dikabarkan puluhan orang mengalami luka-luka.

Sumber dari aparat keamanan setempat menyebutkan, dua ledakan besar itu terjadi di Kawasan Pelabuhan yang merupakan arena kota terbesar di Libanon. Penyebab ledakan belum teridentifikasi hingga kin.

Koresponden AFP melaporkan setiap pertokoan di area komersial Hamra mengalami kerusakan. Mobil-mobil di sekitar area hancur dan ditinggalkan pemiliknya.

Warga yang terluka berlalu-lalang di jalan dan puluhan korban segera dilarikan ke Rumah Sakit Clemenceau, termasuk anak-anak.

"Rasanya seperti gempa bumi. Saya rasa lebih besar dari ledakan saat pembunuhan Rafic Hariri (mantan perdana menteri Libanon) pada 2005," kata seorang wanita di pusat Kota Beirut kepada AFP.

Sebagai pengingat, Hariri tewas dalam aksi bom bunuh diri pada iring-iringan mobilnya 14 Februari 2005 lalu.

Empat anggota Hizbullah didakwa atas pembunuhan tersebut di Pengadilan Belanda. Putusan atas dakwaan tersebut rencananya dibacakan Jumat depan.

Ironisnya ledakan terjadi saat Libanon tengah terjerumus ke jurang krisis ekonomi. Nilai tukar mata uang lokal babak belur melawan dolar AS selama beberapa bulan terakhir.

Bisnis tutup dan tingkat kemiskinan melonjak bersamaan dengan menanjaknya angka pengangguran.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait