Positif Covid-19 di Kabupaten Siak Melonjak Lagi, Total 69 Kasus

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono

Siak - Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono mengatakan, terdapat penambahan 9 kasus positif covid-19 hari ini, Senin (03/8/2020), sehingga total menjadi 69 kasus. Sementara 31 pasien masih dirawat, 37 orang sehat dan sudah dipulangkan, dan 1 pasien meninggal dunia.

Dijelaskan Budhi Yuwono, pasien 61 terkonfirmasi positif covid-19 Siak adalah An. AA (16 Hr) warga Kecamatan Sabak Auh. Saat ini akan diisolasi dan dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak, An. AA (16 Hr), merupakan hasil traking kontak yaitu kontak erat pasien Ny. SR (25).

"Selain dari bayi ini ada lagi Ny. K (44), Ny. M (70), Ny. SC (29) dan Tn. ST (34) yang merupakan warga Kecamatan Sabak Auh. Saat ini sudah dirawat dan diisolasikan di RSUD Siak. Mereka berempat dan bayi tadi merupakan Kontak erat dari pasien Ny. SR (25)," jelas Budhi.

Kemudian Pasien 66 terkonfirmasi positif covid -19 Siak adalah Nn. FN (23) dan Ny. RH (31) merupakan warga Kecamatan Siak. Saat ini sudah diisolasikan dan dirawat di RSUD Siak. Ny. FN dan RH merupakan kontak erat dari pasien Ny. Z (39).

Berikut pasien 68 dan 69 terkonfirmasi positif adalah Tn. D (50) dan Tn A (44) merupakan warga Kecamatan Tualang yang melakukan Swab Mandiri di salah satu RS Swasta di Kota Pekanbaru. Tn. D dan A ini juga merupakan kontak erat dengan pasien Tn. AA (39). 

"Saat ini mereka sudah dirawat dan di isolasikan di RS Eka Hospital Pekanbaru," jelas Budhi.

Selain penambahan kasus, terdapat 2 orang pasien Covid-19 yang sembuh yaitu, Ny. FA (29) dan Tn. EN (32) dari RS Eka Hospital Pekanbaru.

"Penambahan kasus mungkin saja masih bisa terjadi karena masih ada 240 sampel lagi menunggu hasil, semuanya tersebar di beberapa kecamatan di kabupaten Siak terutama yang kontak erat dengan positif yang telah diambil uji swap," ungkap Budhi.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dirawat tersebar di beberapa tempat dengan rincian, di RS Eka Hospital Pekanbaru 6 orang, di RSUD Siak 25 Orang.

"PDP yang masih dirawat berjumlah 1 pasien di RSUD Siak, total PDP 147, sembuh pulang 68, meninggal 9 orang. ODP dalam pemantauan berjumlah 5.551 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 5.184 orang, Orang Dalam Pemantauan 367 orang," ucap Budhi.

Budhi juga mengajak masyarakat untuk memberi dukungan kepada pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. "Jangan berstigma negatif terhadap mereka. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 112," tukasnya. ***

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait