Gubernur Saksikan Pemotongan Hewan Kurban Jokowi di Masjid An-Nur Pekanbaru

Gubernur Riau H Syamsuar menyaksikan proses penyembelihan sapi kurban Presiden RI Joko Widodo di masjid Raya Annur Pekanbaru pada Sabtu (01/08/2020) pagi.

PEKANBARU, Oketimes.com - Gubernur Riau H Syamsuar menyaksikan proses penyembelihan sapi kurban Presiden RI Joko Widodo di masjid Raya Annur Pekanbaru pada Sabtu (01/08/2020) pagi.

Sapi kurban milik Presiden Jokowi yang bobotnya beratnya mencapai 897 kilogram itu, jika dibandingkan dengan Idul Adha tahun lalu lebih besar dari tahun ini, yakni hanya mencapai 720 kilogram.

Selain bobotnya yang jauh lebih berat, jenis sapi kurban presiden Jokowi tahun ini juga berbeda dengan tahun lalu, yakni sapi jenis Limosin. Tahun ini adalah sapi jenis persilangan antara sapi Brahman dan Angus, milik M Rois, warga jalan Pelita, Labuh Baru Barat Pekanbaru seharga Rp. 68 juta. Sebelumnya, sapi itu ditawarkan oleh pemiliknya dengan harga Rp77.352.000.

"Syukurlah hari ini kami telah menyerahkan sekaligus melaksanakan penyembelihan hewan kurban bapak Presiden RI Joko Widodo di masjid Raya Annur Pekanbaru. Meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19, kegiatan kurban di masjid Raya Annur berjalan lancar dan ada peningkatan jumlah hewan yang dikurbankan dari tahun sebelumnya," kata Syamsuar kepada awak media disela acara penyerahan sapi kurban Jokowi tersebut Sabtu pagi.

Dikatakan Syamsuar pada hari Raya Idul Adha tahun ini, ada 9 sapi kurban yang disembelih di Masjid Raya Annur dan sebelumya hanya 3 ekor sapi pada tahun lalu.

Adapun rinciannya lanjut Gubri, sapi dari Gubernur Riau, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danrem 031 Wirabima, Brigjen TNI M Syech Ismed, Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan, dan pejabat Forkopimda lainnya. Termasuk sapi kurban Sekdaprov Riau, Yan Prana Jaya.

Sedangkan untuk eksekutor yang melaksanakan penyembelihan sapi kurban itu sebut Gubri, adalah Buya Zulhendri Rais, H Sebastian Syafrie, Ir Mahmud Arifin dan ustadz Nazri.

"Untuk pendistribusian daging sapi kurban, pihak panitia kurban Masjid Raya Annur akan membagikan kepada masyarakat sekitar masjid. Termasuk sejumlah panti asuhan dan masyarakat yang membutuhkan," papar Gubri.

Terakhir Syamsuar juga menyebutkan, bahwa pada tahun ini ASN di lingkungan pemprov Riau juga memberikan 30 ekor sapi kurban yang dikoordinasikan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat daerah Provinsi Riau dan telah didistribusikan ke 12 kabupaten/kota.***


Reporter  : Richarde  

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait