Pekanbaru Butuh 11 Ribu Sapi Kurban, Tersedia Baru 20 Persen

Ilustrasi Sapi Kurban

PEKANBARU, Oketimes.com - Kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru mencapai 11 ribu ekor sapi, sementara ketersedian sapi saat ini dari peternak hanya 20 persen dari yang dibutuhkan.

Guna memenuhi kebutuhan pasokan ternak sapi tersebut, Dinas Peternakan Kota Pekanbaru, membuka peluang kepada penyedia ternak dari luar kota Pekanbaru atau provinsi lainnya.

"Peternak lokal hanya mampu menyuplai 20 persen dari total kebutuhan hewan kurban untuk Kota Pekanbaru," kata Kepala Bidang Peternakan Distankan Pekanbaru Herlandria kepada wartawan pada Kamis 23 Juli 2020.

Herlandria menyebutkan untuk memenuhi pasukan tersebut pihaknya akan mendatangkan penyedia sapi ternak dari kabupaten dan kota dalam provinsi Riau.

"Selain itu, hewan kurban juga didatangkan dari luar Provinsi Riau, di antaranya Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Lampung, dan Nusa Tenggara Timur (NTT)," papar Herlandria.

Menurut dia, sebagaimana data tahun lalu, kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru mencapai 11 ribu ekor. Akan tetapi pihaknya juga memprediksi kebutuhan tersebut bakal  berkurang, lantaran adanya pandemi virus corona yang berdampak kepada perekonomian masyarakat.

"Terkait hal ini kami, sudah turun melakukan survei dan pemeriksaan hewan kurban ke beberapa peternak. Namun kami belum menemukan adanya hewan kurban yang sakit atau pun terjangkit virus," pungkas Herlandria meyakinkan.***


Reporter : Amrizal

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait