Mulai Oktober 2020

8000 Pekerja Kilang Minyak Bakal "Serbu" Kota Dumai, Pemda Wanti-wanti

Ilustrasi

Pekanbaru, Oketimes.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau menyebutkan bahwa pada bulan Oktober 2020 mendatang, sebanyak 8000 pekerja akan dilibatkan dalam pengerjaan overhaul kilang minyak milik PT Pertamina di Dumai.

"Bulan Oktober bakal ada 8000 pekerja yang akan mengerjakan overhaul di kilang minyak Dumai. Saya hari ini mendapat laporan dari Kepala Disnaker Dumai, mereka sudah menyampaikan ke Pertamina untuk memperhatikan penerapan protokol kesehatan," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau Jonli pada wartawan Senin (20/7/2020) di Pekanbaru.

Diterangkan Jonli, dengan adanya ribuan pekerja tersebut, pihaknya ikut menjadi atensi bagi pemerintah daerah setempat dan tak hanya menyangkut soal pemberdayaan tenaga kerja lokal, PT Pertamina pun diwanti-wanti untuk tetap waspada akan potensi terjadinya penularan covid-19 saat melaksanakan proyek overhaul di kilang minyak itu.

"Terkait penyerapan tenaga kerja kami berharap Pertamina dapat memanfaatkan tenaga kerja lokal di wilayah setempat. Karena 8000 orang ini mungkin anak tempatan, kalau memang dia mampu. Kalau ada pekerja dari luar daerah, itu wajib di swab," tegasnya.

Mantan Sekretaris Dispenda Riau itu juga mengatakan kewenangan Pemerintah Kota Dumai dan pemerintah provinsi, harus duduk bersama untuk membahas membludaknya kehadiran para pekerja tersebut.

"Kami duduk satu meja untuk membahas ini agar bisa sama-sama kita amankan. Bekerja tidak masalah, namun wajib menerapkan protokol kesehatan," pungkas Jonli mengingatkan.***


Reporter  : Richarde

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait