1192 Kepala Keluarga Sumringah Terima BST Kemensos Tahap III di Kelurahan Labuh Baru Timur

Lurah Labuh Baru Timur Zulkifli, SHi (kanan), menyerahkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI tahap III kepada salah satu penerima di Kantor Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru, Minggu (12/07/2020) siang.

Pekanbaru, Oketimes.com - Memasuki bulan Juli 2020, sebanyak 1192 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Labuh Baru Timur Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, menerima bantuan sosial tunai (BST) tahap III dari Kementerian Sosial Republik Indonesia pada Minggu, 12 Juli 2020.

"Bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk masyarakat yang terdampak Covid-19 di Indonesia, tidak terkecuali di kota Pekanbaru, khususnya kelurahan labuh baru timur ini," kata Lurah Baru Timur Zulkifli SHi kepada oketimes.com saat disambangi di ruang kerjanya pada Minggu siang.

Dijelaskan Zulkifli, bantuan BST tersebut diserahkan pihaknya bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) dalam hal penyaluran BST sebesar Rp 600 ribu per KK.

"Penyaluran BST ini kita bekerja sama dengan PT Pos Indonesia Cabang Pekanbaru, yang dibuka sejak pukul 09.00 WIB pagi hingga pukul 18.00 WIB sore," sebut Zulkifli.

Mantan Kasi Disperindag Kota itu juga menjelaskan bagi setiap penerima BST diwajibkan membawa kartu penerima BST dari Kemensos dan membawa KTP atau KK untuk ditunjukkan kepada pihak PT Pos Indonesia, serta diwajibkan bagi penerima BST memakai masker dengan mengatur jarak dengan penerima BST lainnya.

"Untuk saat ini kendala di lapangan belum ada, hanya saja meja loket untuk penyaluran agak terbatas, karena ada empat loket yang tersedia oleh pihak PT Pos Indonesia," pungkas Zulkifli.

Pantauan, penyaluran BST dari Kementerian Sosial tahap III bulan Juli 2020, terihat lancar dan tidak berdesak-desakan serta menerapkan jaga jarak atau social distancing.

Hal itu, dikarenakan kesadaran para penerima BST dan kesiapan pihak Kelurahan yang sudah menerapkan protokol kesetahan pasca memasuki fase new normal saat ini.  

Tampak sejumlah warga yang sudah menerima bantuan BST terlihat sumringah, sembari mengucapkan syukur dan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sudah meringankan ekonomi warga yang kurang mampu akibat dampak covid-19 yang saat ini masih berlangsung di Nusantara.

"Alhamdulillah, saya bersyukur kepada pemerintah yang sudah mengerti dengan kondisi kami saat ini, semoga bantuan ini terus berjalan hingga covid-19 ini berakhir," ujar salah satu warga setempat dengan mimik wajah sumringah.***


Penulis   : Richarde             

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait