BI Salurkan Bantuan Masyarakat Dampak Covid-19 di Sungai Mandau

Bupati Siak Drs Alfedri saat menyerahkan bantuan gerobak untuk pedagang UMKM

Siak, Oketimes.com - Guna membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, termasuk UMKM, Bank Indonesia menyerahkan bantuan bantuan sembako dan gerobak yang disaksikan Jon Erizal dari Komisi XI DPR RI melalui video conference yang turun membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Anggota DPR RI Komisi XI H Jon Erizal, SE, M.B, melalui Bank Indonesia, memberikan bantuan sebanyak 300 sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19, yang nantinya akan diberikan secara bertahap oleh Penghulu di Kecamatan Sungai Mandau berikut bantuan gerobak beserta tenda kuliner sebanyak 9 unit dari Pemkab Siak untuk pedagang UMKM.

"Kedepannya kami dibantu oleh Bank Indonesia dari segi Pertanian untuk menopang daya beli masyarakat dan sekaligus melaksanakan Penyerahan Bantuan Gerobak Kuliner dan Tenda Kuliner untuk memperkuat perekonomian masyarakat," ujar Camat Mandau, Yudha Rajasa kepada wartawan Kamis 24 Juni 2020 di Siak.

Menurutnya, Industri Kecil Menengah adalah industri atau pelaku-pelaku usaha yang tahan banting telah diakui oleh beberapa Lembaga Survey bahwa IKM (Industri Kecil Menengah) adalah orang-orang yang tahan banting selama Pandemi Covid-19. Pelaku-pelaku usaha ini lah yang mengayuh roda perekonomian Pemerintahan Indonesia.

Akibat dari bencana Covid-19 ini, banyak pelaku-pelaku usaha yang merugi dan mem-PHK karyawannya. Tetapi melalui IKM ini berupaya sekuat tenaga untuk terus menggeliatkan dan menumbuhkan dan menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak yang peduli kepada masyarakat untuk memberikan Gerobak dan Tenda Kuliner beserta perlengkapan-perlengkapan lainnya. Ini akan diberikan kepada para penjual yang terlebih dahulu berdagang. Kedepan kami juga akan menyiapkan tempat yang lebih layak dan sehat. Ini merupakan komitmen antara Camat dan Penghulu, guna meningkatkan perekonomian di Kecamatan Sungai Mandau," tutup camat.

Bank Indonesia juga telah banyak membantu Kecamatan Sungai Mandau diantaranya Demplot Padi Organik, Pembuatan Lantai Jemur, Fasilitasi bagi Gapoktan untuk berjualan atau tempat penampungan bagi Gabah-gabah hasil pertanian.

"Tujuan kami datang ke sini adalah menyampaikan dan menindaklanjuti agar Bank Indonesia ikut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 ini. Apalagi yang mengalami penurunan pendapatan masyarakat agar masyarakat tidak miskin," ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Riau, Decymus dalam video conference tersebut.

Menurutnya, beberapa Proposal telah diajukan ke Bank Indonesia untuk Program CSR terkait dengan Sektor Budidaya Peternakan Itik dan Ayam Kampung. Ini dalam rangka mengangkat perekonomian masyarakat dan untuk mengatasi Stunting bagi anak-anak.

"Bank Indonesia juga sudah membantu selain sembako dan mendorong produktivitas pertanian yang baik. Termasuk pengolahan padi pasca panen. Bersama itu, kita juga membantu UMKM untuk pedagang asongan atau pedagang UMKM di Kecamatan Sungai Mandau dan sudah dialokasikan anggaran nya melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Semoga ini bisa membantu usaha, agar ekonomi dapat kembali pulih dan membaik setelah PSBB," kata Bupati Siak Alfedri saat itu.

Menurutnya, selain pengolahan budidaya dan pasca panen lebih baik lanjut Alfedri, Pemda juga secara bertahap sudah melakukan pembenahan sistim pengaliran termasuk usaha tani baik dari ABPD kabupaten dan kementerian, pungkasnya.***

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait