BKN Buka Peluang CPNS 2019 Ikut Tes SKB

Ilustrasi, CPNS

Jakarta, Oketimes.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) membuka peluang bagi peserta seleksi CPNS 2019 yang dinyatakan lolos ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pasalnya, tes SKB yang sebelumnya sempat tertunda, akibat pandemi virus corona dipastikan akan digelar mulai Agustus hingga Oktober 2020 mendatang.

"Jadwal SKB rencana akan dilakukan pada akhir Agustus hingga awal Oktober 2020, setelah ujian seleksi sekolah kedinasan selesai," kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Hari Wibisana saat rapat kerja bersama Komisi II DPR pada Selasa, 23 Juni 2020.

Dikatakan Bima, pelaksanaan SKB CPNS 2019 itu, akan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat. Selaras dengan itu lanjutnya, panitia Seleksi Nasional (Panselnas), akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk menetapkan lokasi ujian yang layak.

Selain itu, Panselnas akan menetapkan lokasi ujian yang meminimalisir pergerakan peserta, karena potensi pergerakan peserta kemungkinan bisa saja terjadi lintas kabupaten/kota, lintas provinsi, atau bahkan harus ke Jakarta. "Oleh sebab itu, Panselnas akan melakukan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 di pusat atau daerah," sebut Bima.

Dia juga mengatakan saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran terkait pelaksanaan SKB CPNS 2019, dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan hingga saat ini BKN masih terus memantau perkembangan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Hal ini tetap melihat keadaan situasi perkembangan pandemi Covid-19 ke depan.

Menurutnya, saat ini BKN telah menyiapkan surat edaran Kepala BKN tentang mekansime pelaksanaan seleksi dengan computer assistant test (CAT) yang mengedepankan protokol kesehatan, pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan keputusan Menkes.

Sebagaimana diketahui, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019, sedianya dilaksanakan pada 25 Maret 2020 ditunda, menyusul wabah virus corona atau Covid-19 yang kian masif.

Penundaan tersebut, meliputi pelaksanaan SKB baik dengan metode CAT maupun yang diselenggarakan oleh masing-masing instansi.

"Ditunda sampai dengan ditetapkannya kebijakan lebih lanjut berdasarkan evaluasi Panselnas yang hasilnya akan kami beritahukan kemudian dalam bentuk Surat Edaran," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Rabu (18/3/2020).

Penundaan itu, secara resmi tertuang di dalam Surat Nomor B/318/M.SM.01.00/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Penundaan Jadwal Pelaksanaan SKB Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019.

Meski pelaksanaan SKB ditunda, namun pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tetap dilaksanakan sesuai jadwal yaitu pada 22-23 Maret 2020.***

 

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait