Home / Nasional / Delapan Kapolda Bergeser, Kapolri Mutasi 665 Pati dan Pamen

Delapan Kapolda Bergeser, Kapolri Mutasi 665 Pati dan Pamen

Delapan Kapolda Bergeser, Kapolri Mutasi 665 Pati dan Pamen
Ist
Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Jakarta, oketimes.com - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali melakukan mutasi besar-besaran terhadap 665 Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) lewat surat telegram dari Kapolri Jenderal Idham Aziz, Senin (3/2/2020). Tak tangung tangung delapan Kepala Kepolisian daerah (Kapolda) ikut dimutasi.

Pertama adalah Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono, dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Itwasum Polri. Posisinya akan digantikan Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Utara.

Untuk mengisi posisi Kapolda Sulut, Kapolri menunjuk Irjen Pol Royke Lumowa yang sebelumnya menjabat Kapolda Maluku. Posisi Royke Lumowa pun digantikan oleh Brigjen Pol Baharudin Djafar, yang sebelumnya menjabat Kapolda Sulawesi Barat. Brigjen Pol Eko Budi Sampurno yang sebelumnya menjabat Karojakstra Srena Polri, kini ditunjuk sebagai Kapolda Sulbar.

Selanjutnya, Kapolda Jambi, Irjen Pol Muchlis AS dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Posisinya kini digantikan oleh Irjen Pol Firman Shantyabudi yang sebelumnya ditugaskan Polri sebagai PD PPATK.

Kemudian, Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio Septianda Djambak juga ikut dimutasi dan diangkat sebagai Kasespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Brigjen Pol Wahyu Widada, yang sebelumnya merupakan Kapolda Gorontalo. Lalu Brigjen Pol Adnas, ditunjuk sebagai Kapolda Gorontalo, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan.

Begitu juga dengan Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto kini ditunjuk dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya kini, akan digantikan Brigjen Pol Rikwanto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Kalimantan Tengah.

Mutasi dan rotasi 665 Pati dan Pamen itu, tertuang dalam empat Surat Telegram Kapolri Jenderal Pol Idham Azis tertanggal 3 Februari 2020 tentang tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Empat surat telegram tersebut masing-masing Nomor ST/385/II/KEP/2020, Nomor ST/386/II/KEP/2020, Nomor ST/387/II/KEP/2020, dan Nomor ST/388/II/KEP/2020. Surat ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Eko Indra Hendri S.

"Mutasi jabatan sebagai meritokrasi, regenerasi, tour of area dan dalam rangka mengoptimalkan kinerja organisasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono pada awak media saat dikonfirmasi.***


Source    : Detik / Editor : Van Hallen 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.