BMKG Deteksi Bibit Siklon Tropis Melanda Indonesia Minggu Ini

ILustrasi,

Jakarta, Oketimes.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sabtu (11/1/2020) merilis melalui laman bmkg.go.id tentang peringatan dini perkiraan hujan yang akan disertai petir di sejumlah wilayah Indonesia yang berlaku besok, Minggu (12/1/2020).

Dalam peringatan dini tersebut, BMKG menyebutkan adanya bibit siklon tropis 92S di perairan utara Darwin. Bibit siklon tropis ini berpotensi akan menjadi siklon tropis dalam 12 jam ke depan masih sedang.

Sirkulasi siklonik terpantau di Barat Aceh (925mb), di Kalimantan Utara (925/700mb), di samudera pasifik Utara papua barat (925/850mb) dan di Samudera Hindia Selatan Banten (925/850mb).

Konvergensi memanjang dari Sumatera Utara hingga Lampung, dari perairan selatan Jawa Barat hingga utara Jawa Timur, dari Sulawesi Barat hingga Laut banda bagian utara dan dari Maluku hingga Papua Barat.

Belokan angin terdapat di Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Karimata, dan Sulawesi bagian utara.

Sedangkan sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan lebat antara lain: Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua Barat

Sedangkan untuk di wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir antara lain, Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua.

Untuk di wilayah perairan Indonesia yang berpotensi gelombang tinggi mencapai enam meter, Area Perairan Dengan Gelombang Tinggi (2.50 - 4.0 m) antara lain di Selat Sumba bagian Barat, Laut Sawu bagian utara, Laut Sawu bagian selatan, Perairan selatan Kupang - Rote, Samudera Hindia selatan Kupang - Rote, Samudera Pasifik utara Halmahera bagian utara, Perairan Manokwari, Selat Bali bagian Selatan.

Selanjutnya di Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan Bali, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB, Samudera Hindia selatan Jawa Barat, Perairan Cilacap, Perairan Kebumen - Purworejo, Perairan Yogyakarta, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia barat Lampung, Selat Makassar bagian selatan, Perairan Pare - pare.

Begitu juga berlaku di Perairan Spermonde Pangkep bagian barat, Perairan barat Selayar, Perairan Sabalana, Teluk Bone bagian selatan, Laut Flores bagian utara, Perairan Bonerate - Kalaotoa bagian utara, Perairan Bonerate - Kalaotoa bagian selatan, Laut Flores bagian timur, Laut Jawa bagian timur Masalembo, Perairan selatan Jawa Timur, Samudera Hindia selatan Jawa Timur.

Sedangakan untuk area Perairan dengan Gelombang Sangat Tinggi (4.0 - 6.0 m) adalah di Samudera Hindia selatan Sumba - Sabu.***


Source  : BMKG.
Editor    : Cardova 

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait