Home / Pendidikan / Kabut Asap Kian Buruk, Pemko Kembali Liburkan Sekolah

Kabut Asap Kian Buruk, Pemko Kembali Liburkan Sekolah

Kabut Asap Kian Buruk, Pemko Kembali Liburkan Sekolah
Disediakan oketimes.com
Kondisi kabut asap di Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (19/09/19) siang.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kualitas udara tak kunjung berangsur, Pemerintah Kota Pekanbaru kembali memperpanjang hari libur sekolah untuk tingkat PAUD, TK, SD hingga SMP hingga tanggal 21 September 2019 nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan peliburan sekolah dilakukan berdasarkan data Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang telah menunjukan angka PM10 : 164, SO2 : 0 CO : 12, O3 : 88 Dan NO2 : 0 yang berarti kategori Tidak Sehat.

"Siswa masih di liburkan sampai hari Sabtu tanggal 21 September 2019," kata Abdul Jamal melalui siaran tertulisnya Kamis (19/09/19) di Pekanbaru.

Ia juga menghimbau kepada guru untuk memberikan tugas pelajaran kepada siswa di rumah, serta orang tua melakukan pengawasan terhadap anak masing - masing di rumah.

Mantan Kabid Sekolah Menengah Disdik Pekanbaru itu, juga menegaskan bahwa pengumuman tersebut, hanya bersifat tentatif. Apabila cuaca membaik dan kabut asap menghilang, maka akan diberikan pengumuman susulan.

Senada, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi juga tengah mengisyaratkan libur sekolah dapat diperpanjang, mengingat kondisi kabut asap Karhutla di kota Pekanbaru kian pekat.

"Sudah hampir dua pekan sekolah di Pekanbaru di liburkan sejak tanggal 10 September lalu. Walikota Pekanbaru menginstruksikan libur, karena memang kondisi udara tidak sehat dan bahkan pada waktu tertentu sempat menyentuh level berbahaya," ulas Ayat Cahyadi Kamis siang.

Meski begitu, Ayat Cahyadi menekankan, agar para orang tua mengawasi anak-anak agar tidak bermain di luar rumah serta menyarankan untuk belajar di rumah. Karena libur sekolah tidak akan mengganggu Ujian Akhir Semester (UAS) dan bukan berarti anak-anak sekolah bebas dari tugas sekolah.

"Kesehatan anak-anak kita ini sumber daya manusia ke depan. Harapan kita agar anak-anak ini di awasi, jangan sudah di liburkan masih ada main di luar tanpa masker. Di dalam belajar, jangan berkeliaran," pungkas Wawako.***


Reporter   : Richarde
Editor        : Cardova 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.