Home / Nasional / Indonesia Berduka, Presiden RI Ke-3 BJ Habibie Wafat di Usia 83 Tahun

Indonesia Berduka, Presiden RI Ke-3 BJ Habibie Wafat di Usia 83 Tahun

Indonesia Berduka, Presiden RI Ke-3 BJ Habibie Wafat di Usia 83 Tahun
Ist
Alm BJ Habibie saat bersama istri tercintanya Almh Hasri Ainun Besari Habibie dalam beberapa waktu masa lampau.

Jakarta, oketimes.com - Kabar duka kembali menyelimuti tanah air saat ini, kabarnya Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie telah meninggal dunia di usia 83 tahun pada Rabu 11 September 2019 sore sekira pukul 18.03 WIB di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 itu, meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya pada rabu sore. Sebelum Habibie meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto tempat Habibie di rawat.

Informasi mengenai BJ Habibie meninggal dunia, disampaikan oleh putra kedua Habibie, Thareq Kemal, setelah sang ayah sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit RSPAD Gatot Soebroto Jakarta sejak 1 September 2019.

Hal senada juga disampaikan keponakan Habibie, Rusli Habibie, yang menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat Rabu (11/9/2019) malam.

"Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil, terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," ucap Rusli saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto seperti dilansir dari kompas.com.

"Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo itu.

Rusli pun meminta semua rakyat Indonesia mendoakan kesehatan beliau.

"Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) pimpin doa. Ada keluarga yang lagi mengaji. Keluarga sudah kumpul semua," kata dia.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Istana Serukan Pasang Bendera Setengah Tiang

Guna mengenang wafatnya tokoh nasional tersebut, Pemerintah menetapkan hari berkabung nasional selama tiga hari, yakni hingga 14 September 2019 berkenaan atas berpulangnya Presiden RI ketiga BJ Habibie.

Hal tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam siaran persnya, Rabu (11/9/2019).

Dia pun mengajak masyarakat ikut mengibarkan bendera merah putih setengah tiang.

"Kami imbau masyarakat, kantor, kantor pemerintah dan lembaga negara baik di dalam maupun luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang," kata Pratikno sembari menyebutkan bahwa Pemerintah akan memfasilitasi segala keperluan keluarga BJ Habibie baik di rumah duka maupun pemakaman esok hari.

Rencananya almarhum BJ Habibie akan dimakamkan di samping makam sang istri, Almarhumah Hasri Ainun Besari di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta. ***


Source  : Kompas.com
Editor    : Van Hallen 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.