Home / Hukrim / Bahas Persiapan Pilkada 2018, Polda Riau Terima Audensi KPU

Bahas Persiapan Pilkada 2018, Polda Riau Terima Audensi KPU

Bahas Persiapan Pilkada 2018, Polda Riau Terima Audensi KPU
Humas Polda Riau For oketimes.com
Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH didampingi PJU saat menerima Audensi rombongan KPUD Riau yang dipimpin Dr H Nurhamin SPt MH bersama jajaranya di ruang kerja Kapolda Riau, Rabu (3/1/2018) siang.

Pekanbaru, Oketimes.com - Dalam rangka mensukseskan dan menjaga situasi Kamtibmas dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2018 di Riau, Kepolisian Daerah bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) melakukan Audensi bersama Kapolda dan Pejabat Utama Polda Riau, Rabu(3/1/18) sekira pukul 11.00 WIB di Mapolda Riau.          

Audensi yang dilakukan KPUD Riau tersebut, dihadiri oleh Ketua KPUD Riau, Dr H Nurhamin SPt MH, Sekretaris KPUD Riau, Drs Rudinal B, MSi serta tiga anggotanya, yakni Sri Rukmin SH, M.Kom, Abdul Hamid SIP MSi dab Ilham SH LLM.

Kedatangan mereka pun disambut hangat oleh Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH, didampingi oleh Karo Ops Polda Riau, Dir Reskrim Um Polda Riau, Dir Reskrimsus Polda Riau, Dir Intelkam Polda Riau, Kabid Humas Polda Riau dan Wakapolresta Pekanbaru.

Dalam audiensi tersebut, Kapolda Riau didamping Pejabat Utamanya dengan KPUD Riau melakukan pembahasan persiapan pelaksanaan Pemilukada Riau 2018.

Adapun topik yang dibahas antaralain tentang proses Pemilukada tahun 2018 yang akan dimulai pada tanggal 8 Januari 2018 yang diawali dengan Pendaftaran Calon yang dibuka selama 3 hari mulai tanggal 8, 9 dan 10 Januari 2018.

Terkait hal itu, Polda Riau akan mengutus perwakilan sebagai LO dan mempercayakan hal tersebut kepada Wadir Binmas Polda Riau AKBP Iman Saputra. Sedangkan untuk percepatan perolehan informasi, Polda Riau segera mungkin memberikan bantuan dalam berjalannya demokrasi.

Pada kesempatan itu, KPU juga meminta selain melakukan pengawalan dalam berjalannya demokrasi, kepolisian juga akan memberikan pengawalan kepada Ketua pemilihan (Ketua KPU), agar tidak terjadi intervensi dalam prosesnya.

Terkait hal ini, dalam waktu dekat Polda Riau dan KPU akan mengadakan Deklarasi Pilkada secara damai dibentuk MoU antara KPU dan Polda Riau yang dihadiri juga oleh pasangan calon dan tim sukses para calon.

Selanjutnya, Polda Riau, KPU dan Bawalu segera akan mengadakan diskusi untuk menyatukan suara, dan komitmen dan kesepahaman yang sama untuk keberhasilan pesta demokrasi 2018.

Selain itu, Polisi juga akan memberikan pengawalan yang maksimum, baik itu pengamanan tertutup, pengamanan terbuka dan pengaturan lalu lintas dalam berjalannya pemilukada.

Usai dilakukan pembahasan dalam pertemuan singkat tersebut, kegiatan diakhiri dengan penyerahan buku pedoman teknis tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilukada tahun 2018 dan pedoman teknis pencalonan pemilihan pada pemilukada tahun 2018 kepada Kapolda Riau Irjen Pol Drs Nandang MH dan pejabat utama serta dilanjutkan dengan foto bersama. (ars)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.