Disdik Riau Andalkan Empat Skema Ini, Jawab 12828 Anak SMA Belum Masuk Sekolah

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau H Job Kurniawan (kanan) didampingi Ketua PPBD SMA/SMK Tahun Ajaran 2022/ 2023 Aristo Mpd (kiri) yang juga Kabid Pengembangan SMA Disdik Riau saat ditemui pada Rabu 3 Agustus 2022 di Kantor Disdik Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Guna menindaklanjuti evaluasi pelaksanaan PPDB SMA sederajat T.A 2022-2023, Dinas Pendidikan Provinsi Riau, tengah mempersiapkan empat skema atau jalan alternatif sebagai solusi bagi anak didik baru SMA sederajat yang hingga kini belum masuk sekolah.

Empat skema yang dimaksud antara lain, Pertama Disdik Riau akan memaksimalkan sejumlah sekolah SMA Negeri sederajat yang ada di Riau, khususnya di Kota Pekanbaru, agar dapat menampung beberapa calon siswa yang belum masuk sekolah bisa mendapatkan pelajaran sekolah.

Kedua Disdik Riau juga segera mengoptimalkan sejumlah sekolah SMA sederajat swasta yang ada, agar anak didik baru dapat bersekolah di Swasta, dengan catatan setiap anak yang masuk sekolah ke swasta tersebut, tidak dipungut biaya apapun termasuk pendaftaran, karena biaya pendafataran dan lainnya telah disubsidi Pemenrintah lewat Disdik Riau.

"Ketiga kita akan membuka sekolah baru, dengan metode mendahulukan pembukaan sekolah baru dan menyediakan tempat sementara, menunggu pembangunan sekolah baru selesai di bangun pada tahun berikutnya atau 2023 mendatang dan Pembangunan Ruang Kelas Baru RKB di sejumlah sekolah di Riau, khususnya di kota Pekanbaru," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau H Job Kurniawan didampingi Ketua PPBD SMA/SMK Tahun Ajaran 2022/ 2023 Aristo Mpd yang juga Kabid Pengembangan SMA Disdik Riau pada oketimes.com pada Rabu 3 Agustus 2022 di Kantor Disdik Riau.

Dijelaskan H Job Kurniawan, khusus untuk sekolah baru ini, pihaknya akan lebih mengutamakan bagi siswa baru yang menggunakan jalur afirmasi, begitu juga dengan siswa baru yang masuk ke swasta. Sementara bagi orangtua siswa yang mampu, pihaknya menyarankan calon anak diddik dapat bersekolah ke swasta, hingga menunggu ketersediaan ruang kelas baru dan sekolah baru selesai dibangun pada tahun 2023 mendatang.

Keempat lanjut H Job Kurniawan, saat ini juga pihaknya sudah mengajukan Diskreasi ke Kemendikbud yang sedang menunggu persetujuan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk menyetujui usulan Diskresi dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, yang sudah diajukan Pemprov Riau ke Kemendikbud.

"Namun usulan Diskresi tersebut, masih kita tunggu dari Kemendikbud, dan kita tinggal menunggu saj," pungkas H Job Kurniawan meyakinkan.

Sebagaimana diketahui, dari 20 ribu lebih anak didik baru SMA sederajat yang mendaftar PPDB SMA/SMK sederajat T.A 2022/2023, ada sekitar 12828 siswa yang belum tertampung masuk sekolah.

Hal ini dipicu, ketersediaan bangku sekolah di Sekolah SMA sederajat di Riau, hanya tersedia 7.766 bangku sekolah yang ada, sementara jumlah pendaftar anak didik baru mencapai 20 ribu calon siswa baru.***


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait