Bongkar Rumah Warga Siang Bolong, Pemuda Sail Masuk Sel Polsek Bukit Raya

Tersangka RZ alias R bin Z (31), pelaku pencurian disertai pengerusakan saat diamankan pada Jumat (25/09/2020) di Mapolsek Bukit Raya Resta Pekanbaru.

PEKANBARU, Oketimes.com - Ditinggal sebentar, sebuah rumah di Jalan Rambutan I Perumahan Palma Residence Blok C Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, menjadi sasaran maling dan menguras barang-barang berharga seperti emas dan uang tunai jutaan rupiah pada Kamis (17/9/2020) lalu.

Aksi tersebut diketahui korban Tengku Rosnelly pada Kamis (17/9) siang, setelah korban meninggalkan rumah dan pergi bersama temanya pada Kamis (17/9/2020) sekira pukul 11.00 WIB sepekan lalu.

Lantas kurang lebih 1 jam kemudian, korban kembali kerumahnya dan membuka pintu sembari terkejut melihat pelaku keluar dari balik pintu dan melarikan diri dari rumah korban.

"Korban pun berteriak "Maling Maling" dan masyarakat sekitar langsung mengejar pelaku, namun tidak berhasil menemukan pelaku yang sudah kabur," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya S.I.K M.H melalui Kapolsek Bukit Raya Kompol Bainar S.H M.H dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan Sabtu malam (26/09/2020).

Dengan sigap lanjut Kapolsek, korban memeriksa keadaan di dalam rumah dan melihat pintu, jendela telah di rusak dan besi terali jendela sudah terlihat ada yang patah, potongan terali besi dan 1 buah kunci leter "T" milik pelaku ditemukan tergeletak diatas kulkas rumah korban.

Tidak sampai disitu, korban bergegas memeriksa kamarnya dan melihat satu rantai kalung emas, satu gelang emas, sebuah jam tangan merek AC, satu unit Handphone merek Apple dan Uang tunai sebesar Rp4 juta sudah raib yang tersimpan di dalam kamar korban.

Kejadian tersebut pun dilaporkan korban pada saat itu ke Polsek Bukit Raya, namun pelaku dan barang bukti belum berhasil ditemukan petugas dan petugas terus melakukan penyelidikan.

Selang sepekan kemudian lanjut Kapolsek, tetangga korban bernama Teddy Akmal dan Bima Wardana sedang bekerja di lokasi hutan Taman Kota Jalan Diponegoro Kota Pekanbaru, pada Jum'at (25/09) malam sekira pukul 20.00 Wib, melihat dan mencurigai seorang laki-laki mirip dengan tersangka RZ alias R bin Z (31) saat pelaku melakukan pencurian di rumah korban.

Lantas, teman korban tersebut memberitahukan kepada korban dan membawa tersangka ke pos untuk ditemukan dengan korban. Mereka pun sempat melakukan interogasi kepada tersangka dan pelaku mengakui telah melakukan pencurian di rumah korban.

Tak banyak tanya, pelaku langsung digelendang ke Polsek Bukit Raya oleh korban bersama teman korban untuk diserahkan ke Polsek Bukit Raya, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Setibanya di Mapolsek, Kapolsek Bukit Raya Kompol Bainar. S.H, M.H, melalui Kanit Reskrim Iptu Abdul Halim, memerintahkan Bripka Goodwin untuk mengamankan pelaku yang merupakan warga Kecataman Sail Kota Pekanbaru

Usai pelaku diamankan, petugas berhasil mengamankan barang bukti yang disita dari tersangka RZ, diantaranya satu buah kunci besi leter T, sebatang potongan besi terali, sepasang sandal warna hitam merek Eiger, sehelai baju kaos oblong warna merah merek Hugo, satu helai celana jeans merek Levis 501 warna biru.

"Atas perbuatan pelaku akan disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh rupiah," pungkas Kompol Bainar Kapolsek Bukit Raya Pekanbaru.***


Reporter   : Ndanres Area  

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait