Klaim Ruas Jalan Rampung, PT HK Batal Buka Tol Dumai-Pekanbaru Bagi Pemudik

Cek Progres : Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan di ruas Tol Pekanbaru-Dumai seksi 1. Secara keseluruhan diharapkan pembangunan tol Pekanbaru-Dumai selesai akhir April 2020.

Pekanbaru, Oketimes.com - Manajemen PT Hutama Karya (HK), mengklaim secara fisik pembangunan Jalan Tol Pekanbaru Dumai sepanjang 131 Kilometer sudah rampung. Namun operasional untuk jalur mudik tersebut batal dibuka tahun ini, dengan alasan perlu kesiapan atau ujicoba jalan tol.

"Batalnya dibuka tol Pekanbaru-Dumai (Permai), juga dalam menghadapi hari Raya tahun ini, sesuai dengan himbauan Pemerintah, untuk tidak mudik lebaran pada tahun ini untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (covid-19)," kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya (HK), Muhammad Fauzan kepada wartawan saat dihubungi, Rabu (6/5/2020).

Ahmad Fauzan juga menyebutkan secara fisik masih ada yang perlu disiapkan untuk bisa dilalui. Tetapi dengan adanya arahan Pemerintah untuk tidak mudik, maka tol berkemungkinan tidak dibuka, menunggu arahan Kemetrian PUPR dan lainnya.

Dia menjelaskan saat ini jalan tol Pekanbaru-Dumai betul-betul laik pakai dan bisa dilalui oleh kendaraan, yakni seksi 1 sepanjang 9,5 Kilometer, dari pintu masuk Tol Pekanbaru sampai pintu keluar di Minas. Bahkan seksi 1 ini sudah pernah dilakukan ujicoba beberapa bulan yang lalu yang disaksikan langsung Presiden RI Joko Widodo.

"Info yang kami terima dari Kementrian, dibuka hanya seksi 1 sepanjang 9,5 km. Untuk yang lainnya menunggu uji laik, sehingga tidak difungsionalkan. Seksi 1 sudah siap, hanya kami menunggu arahan dari regulator, dalam hal ini Kementrian PUPR. Apa akan dipakai untuk jalur mudik atau masih ditutup, mengingat pandemi dan protokol Covid-19," katanya.***  


Reporter   : Richarde   / Editor : Van Hallen

Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait