Home / Nasional / BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online Hingga 29 Mei, Berikut Cara Daftarnya

BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online Hingga 29 Mei, Berikut Cara Daftarnya

BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online Hingga 29 Mei, Berikut Cara Daftarnya
Ist
ILustrasi

Jakarta, Oketimes.com - Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online atau SP2020 hingga 29 Mei 2020. Hal itu dilakukan akibat kebijakan pembatasan kegiatan di luar rumah dan tatap muka untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19).

BPS menyebutkan, hingga 31 Maret 2020, sudah ada 32,4 juta masyarakat atau 12,5 persen dari total penduduk yang telah berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online yang dibuka sejak 15 Februari 2020 tersebut.

Guna berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020, syarat yang dibutuhkan yakni nomor KTP dan KK. Kemudian, setidaknya ada 21 pertanyaan yang bisa diisi secara online atau ditanyakan oleh petugas sensus jika dilakukan secara offline.

Berikut cara mengisi data Sensus Penduduk Online 2020 yang benar sesuai petunjuk Badan Pusat Statistik :

1. Akses laman sensus.bps.go.id 2020, lalu login. Pilih bahasa, lalu masukkan NIK dan KK. Isikan kode yang tampak di bawah nomor KK lalu klik "Cek Keberadaan".

2. Buat kata sandi, pilih pertanyaan keamanan, lalu klik "Buat Password" untuk pengamanan data yang sudah Anda catatkan pada Sensus Penduduk Online. Masukkan kata sandi yang sudah dibuat, lalu klik "Masuk".

3. Bacalah panduan awal mengenai pengisian SP Online, lalu klik "Mulai Mengisi". Ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar.

4. Setelah menjawab seluruh pertanyaan, pastikan bahwa status data setiap anggota keluarga "Sudah Update" lalu klik "Kirim". Kemudian unduh bukti pengisian dan selesai.

BPS mengingatkan bagi masyarakat Indonesia, agar waspada terhadap keberadaan laman situs web hingga aplikasi di smartphone dalam pengisian Sensus Penduduk Online 2020.

"BPS tidak pernah membuat aplikasi terkait Sensus. Untuk Sensus Penduduk Online hanya dapat diakses melalui http://sensus.bps.go.id," tulis BPS lewat akun Twitter resminya.

BPS mengatakan, masyarakat perlu waspada dengan keberadaan aplikasi di App Store ataupun Play Store yang mengatasnamakan BPS dan mengimbau masyarakat agar melaporkan bila ada situs web dan aplikasi ilegal tersebut. Sebab, selama ini untuk Sensus Penduduk Online 2020 hanya lewat laman sensus.bps.go.id.

"Kami imbau laporkan aplikasi terkait SP2020, tandai sebagai aplikasi yang tidak pantas ya," tulis BPS.***


Assorted  : Badan Pusat Statistik   / Editor : Van Hallen   

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.