Home / Khazanah / Gubri Resmikan Masjid Laksamana Cheng Ho di Bagansiapiapi

Puncak Festival Ritual Bakar Tongkang 2019

Gubri Resmikan Masjid Laksamana Cheng Ho di Bagansiapiapi

Gubri Resmikan Masjid Laksamana Cheng Ho di Bagansiapiapi
Istimewa
Tekan Sirine : Gubernur Riau H Drs Syamsuar, didampingi Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp, Ketua DPRD Rokan Hilir H Nasruddin Hasan, Sekda H Surya Arfan, Sekretaris Dewan Masjid Propinsi Riau Mizan Asnawi, Menteri Parawisata RI yang diwakili Deputi Kemenpar RI, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Asri Auzar menekan sirine sebagai tanda peresmian sekaligus Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng ho di halaman Pujasera Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau, Rabu 19 Juni 2019.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Gubernur Riau H Drs Syamsuar, meresmikan sekaligus melakukan Pemancangan Tiang Pertama Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho di halaman Pujasera Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir Riau, Rabu 19 Juni 2019.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, Bupati Rokan Hilir H Suyatno AMp, Ketua DPRD Rokan Hilir H Nasruddin Hasan, Sekda H Surya Arfan, Sekretaris Dewan Masjid Propinsi Riau Mizan Asnawi, Menteri Parawisata RI yang diwakili Deputi Kemenpar RI, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Asri Auzar.

Selanjutnya juga hadir Irwasda Polda Riau Kombes Pol Zainul Muttaqin, SIK, SH, MAp, Danrem 031/WB diwakili, Dirpolair Polda Riau Kombes Pol Badarudin SIK, Para Pejabat Forkopimda Kabupaten Rohil, Ketua PITI (Persatuan Islam Thionghoa) H.Imam Suroso beserta para Mualaf dan tamu undangan lainnya.

Gubernur Riau Drs H Syamsuar dalam sambutannya, mengatakan pembangunan masjid ini akan memberi manfaat dan anugrah yang besar khususnya bagi seluruh masyarakat Rohil dan Riau.

Menurutnya, pembangunan Masjid bernuansa wisata religi ini sesuai komitmen bersama akan menjadikan cahaya islam di Kabupaten Rokan hilir yang akan memberi rahmat bagi sekalian alam dan ini harus wujudkan sebagai anugrah untuk kerukunan umat beragama.

"Melalui para ulama,kiyai dan Mui mari sama kita menjaga islam yang Lil alamin sebagai anugrah,sebab kita di ciptakan bermacam suku bangsa yang memberikan rahmat bagi semua dan kerukunan bersama yang terus di jaga," pesannya.

Pembangunan Masjid ini adalah untuk kemajuan Rohil serta untuk kesejahteraan masyarakatnya, Masjid Laksamana Cheng ho yang di bangun oleh salah satu warga mualaf bernama Abian yang merupakan pertama kali sebagai tempat wisata religi yang harus di kemas secara baik untuk kemajuan umat islam dan meningkatkan kesejahteraan serta perekonomian masyarakat.

"Masjid ini akan di jadikan tempat wisata religi serta sebagai tempat ekonomi kreatif kerajinan masyarakat serta masakan kuliner. Kemudian sebagai pusat kajian al-quran kalau bisa disini bisa mendidik qori qoiqah serta Hafis alquran, apalagi saat ini banyak sekali anak riau sebagai penghafal alquran yang mendunia," papar Gubri.

Lebih lanjut Gubri mencontohkan seperti qoriah Humairoh di Bengkalis yang dididik orang tuanya menjadi penghapal alkuran. Apalagi Riau punya potensi, termasuk kota Bagansiapiapi ini.

"Untuk itu kita harus mempersiapkan diri,kita berharap akan lahir anak yang hebat di sini seperti humairoh yang bisa berprestasi sampai kemanca negara," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Suyatno dalam sambutannya mengatakan pembangunan Masjid Laksamana Cheng Ho ini terwujud atas kepedulian para perantau yang peduli akan kampung halamannya bernama Abian.

Masjid ini lanjut Suyatno, akan di bangun sangat menawan sekali dengan perpaduan arsitektur bernuansa Cina dan Melayu yang sangat menarik dengan ornamen terbaru dan akan menjadi ikon baru bagi Negeri Seribu Kubah ini. Sementara untuk pembangunannya, akan di gesa secepatnya dengan target 9 bulan Masjid megah itu akan selesai pembangunannya.

Suyatno menilai faktor keamanan harus diperhatikaan, sebab dalam pembangunannya akan mendatangkan material yang sangat dengan dan ini perlu dukungan semua pihak untuk mengamankannya.

"Dengam niat tulus dan ikhlas semoga pembangunan masjid ini menjadi yang terbaik dan menjadi daya tarik tersendiri bagi negeri ini," harapnya.

Orang nomor satu di Rohil juga menkelaskan kenapa rencana pembangunan masjid seluas 2 hektar ini ditempatkan di kota Bagansiapiapi, menurutnya pertimbangan keberadaan Pujasera yang ada lebih di optimalkan, sehingga keberadaan masjid ini masyarakat bisa hidup dengan berjualan disini.

"Nanti kita buat program bagaimana masjid ini mengangkat perekonomian masyarakat," pungkasnya.***


Reporter     : Ari
Editor         : Cardoffa 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.