Home / Senibudpar / Festival Bakar Tongkang Rohil 2019 Dongkrak Wisatawan Lokal dan Manca Negara

Dimulai Senin 17 Hingga Rabu 19 Juni 2019

Festival Bakar Tongkang Rohil 2019 Dongkrak Wisatawan Lokal dan Manca Negara

Festival Bakar Tongkang Rohil 2019 Dongkrak Wisatawan Lokal dan Manca Negara
(tripriau)
Festival Bakar Tongkang di Kota Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Indonesia rutin dilakukan setiap tahun oleh masyarakat setempat khususnya warga Tionghoa dalam melaksanakan tradisi lokal sebagai simbol kepercayaan untuk mendapat petunjuk yang baik bagi warga setempat dan lainnya Rabu 19 Juni 2019.

Pekanbaru, Oketimes.com - Festival Bakar Tongkang diprediksi bakal dongkrak angka wisatawan ke Riau, baik dari domestik maupun manca negara lantaran potensi iven tahunan itu memang menjadi daya tarik wisatawan selama ini.

Selaras dengan itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, lewat Dinas Pariwisata Provinsi Riau, menargetkan akan ada puluhan ribu wisatawan yang hadir pada acara Festival Bakar Tongkang di Kabupaten Rokan Hilir pada Senin hingga Rabu 17-19 Juni pekan ini.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal Usman menilai festival bakar tongkang memang memiliki keistimewaan dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan hingga saat ini, informasi yang dihimpun telah ada wisatawan asal Prancis yang sengaja datang ke Riau untuk menyaksikan festival bakar tongkang tersebut.

Selain wisatawan dari Tiongkok dan negeri jiran yang kental dengan Festival tahunan tersebut, puncak festival bakar tongkang akan dilaksanakan pada Rabu 19 Juni 2019 besok.

"Diharapkan akan dihadiri puluhan ribu wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya wisatawan dari Prancis yang mengaku sengaja ke Riau untuk melihat tradisi bakar tongkang, juga wisatawan mancanegara lainnya," ujar Fahmio Usaman pada awak media ini Senin 17 Juni 2019 di Pekanbaru.

Untuk diketahui, tradisi festival bakar tongkang bermula setelah warga Tiongkok memutuskan melangsungkan kehidupan di Bagansiapiapi, bersumpah tidak akan pulang lagi ke daerah asalnya.

Sumpah warga Tiongkok ini dibuktikan dengan membakar kapalnya yang terbuat dari kayu. Dengan adanya momen ini pihaknya akan memanfaatkan dengan menggaet wisatawan berkunjung ke Rohil Provinsi Riau.***


Reporter  : Richarde
Editor       : Cardoffa

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.