Home / Gallery / Puncak Perayaan HUT TNI Ke-74 Provinsi Riau

Puncak Perayaan HUT TNI Ke-74 Provinsi Riau

Pekanbaru, Oketimes.com - Selain menggelar upacara, perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-74, turut menggelar Parade dan Defile pada Sabtu (5/10/2019) pagi di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Rangkaian acara HUT TNI itu, dihadiri  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution beserta istri. Juga tampak para personel TNI, Polri, Kepala Lanud Roesmin Nurjadin, Danrem 031, Forkopimda, dan Walikota/Bupati se-Riau, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Adapun Parade Pasukan TNI tersebut di mulai dari Pasukan TNI AD, Paskhas AURI, Pasukan TNI AL dan ditambah Parade dari Brigade Mobil (Brimobda), Personil Satlantas Polda Riau, serta parade ragam budaya Nusantara.

Usai Parade Pasukan dan Budaya Nusantara berlangsung, kemudian dilanjukan dengan Parade Defile Kendaraan Tempur TNI dari tiga Matra yakni TNI AD, TNI AU dan AL.

Serta tambahan parade defile dari Polri, seperti Kendaraan Baracuda, Kendaraan Bermotor Patwal, Motor Gede dari IMI, Indonesian Off-Road Federation (IOF) Pengda Riau, dan Komunitas Mobil Jeep Riau.

Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan selamat ulang tahun buat TNI yang ke 74 tahu. Dengan bertambahnya usia TNI, dia berharap tambah baik lagi dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya.

"TNI merupakan komponen utama sistem pertahanan negara, yang mana TNI mempunyai central yang sangat besar untuk keberlangsungan serta kesejahteraan masyarakat dan negara kesatuan dan kesatuan Republik Indonesia," kata Syamsuar usai upacara.

Menurutnya, fungsi TNI sendiri terhadap pertahanan negara di antaranya sebagai penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan Bangsa.

"Kedepannya, dengan menginjak usian ke-74 tahun, mari kita sama-sama mendoakan TNI supaya dapat lebih baik dan profesional dalam tugasnya. Sekaligus menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Sementara, Danrem031 Wira Bima Brigjen Muhammad Fadjar mengatakan HUT TNI yang ke-74 semoga semakin dapat memegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta kebersamaan dengan rakyat.

"Agar kita dapat selalu menjadi pemersatu sekaligus perekat bangsa yang ber-Bhinneka tunggal Ika ini," ungkapnya.

Dia juga menambahkan, agar dapat selalu meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam aturan tugas.

"Sikapi berbagai macam pengaduan dengan bijak, jangan sampai gegabah dalam bertindak seterusnya jalanilah setiap tugas dan ikhlas, karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan Bangsa dan Negara yang tercinta ini," pungkas M Fadjar.***


Repoter : Richarde
Editor    : Cardova 



Sumber: Istimewa