Sektor Pertanian Jadi Penopang Sektor Lainnya di Rokan Hilir

Bupati Rokan Hilir (Rohil), H. Suyatno saat menghadiri acara panen raya cabai di Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Selasa (14/02/2017) lalu.

Rokan Hilir, Oketimes.com - Hampir dua puluh lima persen Perekonomian di Kabupaten Rokan Hilir bersumber dari kategori sektor pertanian, sehingga pembangunan di bidang ekonomi dititik beratkan pada sektor pertanian, guna mendorong dan menopang sektor industri dan sektor perdagangan serta sektor sektor lainnya.

Pembangunan sektor pertanian diarahkan untuk meningkatkan produksi pangan yaitu beras, palawija dan hortikultura. Penigkatan produksi perkebunan lainnya melalui intensifikasi, ekstensifikasi dan rehabilitasi tanaman perkebunan.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Rokan Hilir tahun 2015, tercatat luas lahan seluas 888.159 ha di Kabupaten Rokan Hilir, sedangkan lahan yang digunakan untuk hutan negara 21.244 ha (2,39 persen), Perkebunan 382.677 Ha (43,09 persen), Kebun /Ladang / Huma 66435 Ha (7,48 persen), Pekarangan atau lahan untuk bangunan dan halaman sekitar 340.612 Ha (38,35 persen).

Besarnya lahan yang tersedia dalam sektor pertanian di Rokan Hilir, maka Pemerintah Rokan Hilir dibawah pimpinan H Suyatno sesuai arahan pemerintah pusat dibawah kendali presiden Jokowi, terus berupaya dan meningkatkan produksi pangan.  Bentuk prioritasnya, pemkab rohil dalam sektor pertanian ini tercermin, luasnya panen tanaman padi yaitu 10,321 Ha yang terdiri dari sawah 10.321 Ha dan sawah ladang 10 Ha.

Sedangkan produksinya 36.845,97 Ton. Sedangkan luas tanaman pangan lainya sebesar 10,93 persen dari total luas panen tanaman pangan yaitu 11.588 Ha dengan produksi 36.847,97 ton. Luas panen tanaman sayur-sayuran 781 Ha dengan produksi 1.570 ton sedangkan produksi tanaman buah buahan sebesar 13.241 Ton.

Besarnya hasil disektor pertanian inilah yang menopang sektor lainnya di kabupaten Rokan Hilir, sehingga Pemkab Rokan Hilir terus mengembangkan sayapnya dengan mengembangkan sektor sektor pertanian lainnya seperti perkebunan. Apalagi perkebunan merupakan peranan yang penting dalam pengembangan pertanian di tinggkat Nasional maupun regional, terutama perdagangan yang cukup potensial yaitu kelapa sawit, Karet dan Kelapa.

Tiga komoditi ini telah berhasil dikembangkan di negeri seribu kubah. Sehingga hampir 40 persen masyarakat disejumlah kecamatan memiliki perkebunan kelapa sawit bahkan satu kecamatan berjulukan Kota Sawit yaitu Kecamataan Bagansinembah. Perkebunan ini juga menopang kehidupan dan perekonomian masyarakat Rohil serta penopang sektor lainya.

Dengan hasil yang berlimpah ruah ini dan lahan tidur yang tersedia Maka Bupati Rokan Hilir H Suyatno pada tahun 2018 memprioritaskan peningkatan dibidang sektor pertanian, agar perekonomian dimasyarakat tumbuh lebih tinggi lagi sehingga roda pemerintahan berjalan dengan baik. Selain itu tentu pembangunan infrastruktur dan sektor lainya berjalan dengan baik juga.

Sektor pertanian yang sudah berjalan dengan baik seperti Cabe dan Palawija  terdapat dibeberapa kecamatan di Kabupaten Rohil seperti di Kecamaatan Pujud, Kubu, Sinaboi, Bagansinembah yang sudah memiliki unit unit kelompok masyarakat atauapun Koperasi  pertanian cabe dan palawija. Sehingga kedepan tanaman cabe dan palawija untuk konsumsi masyarakat di Rohil tidak perlu lagi didatangkan dari laur daerah, cukup dari dalam daerah Kabupaten Rohil .

Sesuai program pemerintah arahan presiden Jokowi, bahwa Indonesia adalah negeri yang memiliki sumber daya alam yang besar, salah satunya sektor pertanian. (advertorial Humas)

 


Tags :berita
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait