Home / Hukrim / Gembosi Pipa PT Chevron dan Lansir Minyak Curian ke Truk Tangki, Polisi Amankan Seorang Pelaku

Dua Kabur

Gembosi Pipa PT Chevron dan Lansir Minyak Curian ke Truk Tangki, Polisi Amankan Seorang Pelaku

Gembosi Pipa PT Chevron dan Lansir Minyak Curian ke Truk Tangki, Polisi Amankan Seorang Pelaku
Humas Polres Rokan Hilir For Oketimes.com
Pelaku IK dan barang bukti tindak pencurian disertai perusakan saat diamankan di Mapolsek Tanah Putih wilayah Polres Rokan Hilir, Riau, Sabtu (24/11/2018)

Rokan Hilir, Oketimes.com - Nekat mencuri minyak mentah milik PT Chevron dengan cara merusak Pipa minyak PKM 46750 di Jalan Bukit Timah Km 32 Kepenghuluan Mamugo Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, satu dari tiga pelaku berhasil diamankan petugas, Sabtu (24/11/2018).

Seorang pelaku diketahui berinisial IK, ia berhasil diamankan petugas pada Sabtu (24/11/2018) sekira pukul 05.25 WIB, setelah tiga security dari PT. Global Arrow melaksanakan Patroli Rutin di Jalan Lintas Dumai Bukit Timah yang melihat satu unit truk tangki warna hijau merk Fuso BK 9826 NA dalam keadaan parkir dipinggir jalan dekat Pipa PKM 46750.

Ketiga security itu bernama Mistur, Ali Kusuma, Tutut, merasa curiga melihat sebuah mobil truk tangki tersebut dan melihat ada dua orang laki-laki melarikan diri ke arah dalam perkebunan kelapa sawit. Sedangkan temannya berinisial IK berada dalam kabin mobil truk yang sedang duduk dibangku sopir dan petugas menemukan Pipa KM 46750 sudah dalam keadaan rusak.

Saat tim security tiba di lokasi pipa tersebut sudah dalam keadaan dibocori oleh para pelaku, dengan cara memasang Kran Besi yang tersambung ke sebuah selang plastik dan sebuah selang kecil warna putih yang dimasukan kedalam truk tangki untuk mengambil atau memindahkan minyak mentah dari dalam Pipa milik PT. Chevron Pasifik Indonesia (CPI) ke dalam mobil truk tangki yang stanby di TKP.

Melihat peristiwa tersebut, tim security PT Global Arrow pun langsung berkordinasi dengan Kapolsek Tanah Putih untuk mengamankan aksi pencurian tersebut.

Tak lama kemudian, petugas pun tiba di lokasi dan mengamankan seorang dari tiga pelaku, sementara dua pelaku berhasil kabur ke dalam sebuah kebun sawit.  

Dari tangan pelaku IK, petugas berhasil menyita barang bukti pencurian berupa satu unit mobil tangki bernopol BM 9826 NA, sebuah selang plastik sepanjang 5 meter, sebuah selang Kim warna putih panjang 5 meter, sebuah Nippel tau Kran 1,5 Inci, satu buah pisau carter untuk diamakan ke Mapolsek Tanah Putih, guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Rohil AKBP Sigit Adiwuryanto SIK lewat Paur Humas Polres Rokan Hilir, AKP Yuliandi membenarkan adannya penangkapan seorang dari pelaku curat berinisial IK dari tiga yang saat ini masih dalam buruan petugas alias DPO.

Dimana ketiga pelaku nekat melakukan pencurian minyak mentah milik PT Chevron dengan cara merusak Pipa minyak PKM 46750 di Jalan Bukit Timah Km 32 Kepenghuluan Mamugo Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau pada Sabtu (24/11/18) sekira pukul 05.25 WIB subuh.     

"Ya benar, seorang dari tiga pelaku beserta barang bukti berupa satu unit mobil Tangki dan lainnya sudah diamakan saat ini di Mapolsek Tanah Putih, guna dilakukan proses penyelidikan lebih lanjut," pungkas Yuliandi.***


Penulis   : Jhon D

Editor    : Richarde

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.