Home / Serba Serbi / Pendidik PAUD Adalah Ujung Tombak Pembinaan

Pendidik PAUD Adalah Ujung Tombak Pembinaan

Pendidik PAUD Adalah Ujung Tombak Pembinaan
Puspen TNI For Oketimes.com
Ketua Umum Ikatan Kesejahteraan Keluarga Tentara (IKKT) Pragati Wira Anggini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Yayasan Tunas Muda dihadapan 40 peserta pelatihan pendidik, Manajemen Sekolah dan Tumbuh Kembang Anak Yayasan Tunas Muda IKKT Pragati Wira Anggini, bertempat di gedung Tjut Nyak Dien, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/11/2018).

Jakarta, Oketimes.com - Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan ujung tombak dalam pembinaan setelah peran utama dari keluarga, khususnya ibu dalam mendidik putra putrinya.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Ikatan Kesejahteraan Keluarga Tentara (IKKT) Pragati Wira Anggini Ibu Nanny Hadi Tjahjanto selaku Ketua Umum Yayasan Tunas Muda dihadapan 40 peserta pelatihan pendidik, Manajemen Sekolah dan Tumbuh Kembang Anak Yayasan Tunas Muda IKKT Pragati Wira Anggini, bertempat di gedung Tjut Nyak Dien, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/11/2018).

Menurut Ketua Umum Yayasan Tunas Muda Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, peran ibu-ibu pendidik nantinya membantu orang tua dalam membentuk karakter putra putrinya, sehingga diharapkan mereka memiliki dasar dan pijakan yang kuat dalam menapak ke fase jenjang pendidikan selanjutnya.

"Kewajiban dan tanggung jawab ibu-ibu pendidik yang tidak ringan ini terus harus disertai dengan keikhlasan, kemampuan dan bekal ilmu yang memadai," katanya.

"Untuk itulah pada pagi hari ini sebagai langkah awal, saya memberikan kesempatan kepada ibu-ibu peserta pelatihan untuk membekali diri dengan berbagai ilmu, terkait dengan pola pengasuhan dan pendidikan anak dengan menggunakan metoda yang menarik dan menyenangkan," ucap Ibu Nanny Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut dikatakan Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, mengingat pentingnya masa usia keemasan anak usia dini, maka peran stimulan juga sangat menentukan, seperti lingkungan yang representatif dan kondusif, sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengembangkan seluruh aspek potensi dirinya termasuk aspek moral, nilai-nilai agama, sosial, emosional, kemandirian, kemampuan berbahasa dan kognitif, motorik serta seni atau yang dikenal dengan pendidikan anak usia dini terpadu dengan pendekatan holistik integratif.

Ketua Umum Yayasan Tunas Muda Ibu Nanny Hadi Tjahjanto berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat mengambil ilmu dan manfaat sebesar-besarnya sehingga dapat diaplikasikan nantinya.

"Para peserta pelatihan termotivasi agar senantiasa meningkatkan kapasitas diri, sehingga selalu update dan tidak tertinggal dengan ilmu pengajaran dan pengasuhan yang senantiasa terus berkembang, tanpa meninggalkan nilai-nilai kebangsaan dan nasionalismenya," tandasnya.

Autentikasi : Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Taibur Rahman.

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.