Home / Internasional / Pasukan Perdamaian Indobatt Upacara Hari Pahlawan di Lebanon

Pasukan Perdamaian Indobatt Upacara Hari Pahlawan di Lebanon

Pasukan Perdamaian Indobatt Upacara Hari Pahlawan di Lebanon
Perwira Penerangan Konga XXIII-L/Unifil, Lettu Inf Yandra
Upacara tersebut dilaksanakan secara sederhana di Lapangan Soekarno Markas Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (10/11/2018) waktu setempat, diikuti oleh ratusan Pasukan Perdamaian Indobatt.

Lebanon, Oketimes.com - Prajurit TNI gabungan Satgas Indonesian Battalion (Indobatt) Konga XXIII-L/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) Misi Pasukan Perdamaian Dunia, dibawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), melaksanakan Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018.

Upacara tersebut dilaksanakan secara sederhana di Lapangan Soekarno Markas Indobatt UN Posn 7-1 Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (10/11/2018) waktu setempat, diikuti oleh ratusan Pasukan Perdamaian Indobatt.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, S.I.P dengan Komandan Upacara Kapten Mar Sabeth Titus Yuwono dan Perwira Upacara Lettu Mar Ganteng Prakoso.

Upacara Hari Pahlawan 10 November 2018, mengangkat tema "Semangat Pahlawan di Dadaku" yang mengandung makna bahwa dalam diri setiap insan tertanam nilai kepahlawanan. Sehingga diharapkan dapat berinisiatif mengabdi dengan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bangsa dan negara.

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Letkol Inf Arfan Johan Wihananto, menyampaikan bahwa momentum Hari Pahlawan harus benar-benar dimaknai secara keseluruhan. Bukan semata-mata hanya acara, tetapi harus dapat memunculkan implementasi nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Peristiwa 10 November 73 tahun lalu di Surabaya itu, merupakan perang fisik pertama setelah Indonesia merdeka. Keberanian semangat pantang menyerah, dan perjuangan tanpa pamrih pahlawan harus bisa menginspirasi, memperkuat nilai kepahlawanan dan mempertebal kecintaan tanah air.

Nilai kepahlawanan sangat bersifat dinamis bisa menguat dan melemah. Hari Pahlawan, merupakan momentum untuk memperkuat nilai kepahlawanan tersebut. Siapapun bisa jadi pahlawan semuanya bisa mengabadikan diri, baik untuk diri sendiri lingkungan sekitar serta bangsa dan negara demi menuju NKRI sejahtera adil dan makmur.

Dansatgas Indobatt Konga XXIII-L/Unifil, Letkol Inf Arfan Johan Wihananto mengatakan bahwa saat ini, peran generasi muda juga dibutuhkan untuk pembangunan bangsa. Harus melahirkan ide dan gagasan menjadi inspirasi untuk pembangunan.

"Setiap jaman pasti ada pahlawannya, sosok yang berdedikasi dan berprestasi dibidangnya masing-masing yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, disipilin, dan berkarakter," kata orang nomor satu di jajaran Satgas Indobatt.***

Autentikasi : Perwira Penerangan Konga XXIII-L/Unifil, Lettu Inf Yandra HP/WA 08128370478.


Editor       : Richarde

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.