Home / Nasional / 2,6 Juta Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

2,6 Juta Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018

2,6 Juta Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2018
Int
ILustrasi

Jakarta, Oketimes.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN), umumkan sebanyak 2.602.301 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 yang lolos seleksi administrasi. Sementara sebanyak 543.233 lainnya dinyatakan belum lolos.

Hasil data yang dimiliki BKN pada pukul 12.04 WIB, masih ada sekitar 268.872 pelamar yang belum diverifikasi oleh instansi tersebut membuka formasi CPNS tahun ini.

Artinya, angka jumlah pelamar yang diterima bisa jadi masih akan bertambah. Namun, BKN tidak melampirkan secara lengkap sebaran instansi yang belum selesai memverifikasi.

Meski begitu, kini BKN mencatat bahwa setidaknya 21 instansi telah mengumumkan secara lengkap pelamar yang lolos seleksi. Terbaru, Bakamla, Pemkot Sibolga, Pemprov Sumbar, Kab. Cilacap, Kota Depok, Kab. Grobogan, Kab. Blora, dan Pemprov DI Yogyakarta memberikan pengumuman.

Pelamar yang dinyatakan lolos, dipastikan akan bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes tersebut dijadwalkan akan dilakukan pada 26 Oktober hingga 7 November.

Panitia Seleksi Nasional Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, tengah menetapkan 873 titik lokasi seleksi CPNS 2018 untuk SKD dengan Computer Assisted Test (CAT).

Informasi yang dirangkum, sebanyak 237 titik di antaranya merupakan milik atau difasilitasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), sedangkan 636 titik sisanya merupakan fasilitas Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi untuk tahapan SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas yang berbeda-beda menurut jenis formasinya.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana menyatakan tahun ini formasi sebanyak 51.271 posisi ada di instansi pusat yang terdiri atas 76 kementerian/lembaga. Selain itu, sisanya, 186.744 posisi CPNS ada di 525 instansi daerah.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.