Home / Sosial / 213 Mustahik di Lubuk Dalam Terima Zakat Tahap III 2018

213 Mustahik di Lubuk Dalam Terima Zakat Tahap III 2018

213 Mustahik di Lubuk Dalam Terima Zakat Tahap III 2018
Man Oketimes.com
Sebanyak 213 orang Mustahik di Kecamatan Lubuk Dalam, terima Zakat Pola Konsumtif dan Produktif dari Baznas Kabupaten Siak yang di serahkan langsung secara Simbolis oleh Wakil Bupati Siak Drs. H Alfedri MSi didampingi Komisioner Baznas dan Camat di Masjid Al Mukarromah Lubuk Dalam pada Rabu 17 Oktober 2018.

Siak, Oketimes.com - Sebanyak 213 orang Mustahik di Kecamatan Lubuk Dalam, terima Zakat Pola Konsumtif dan Produktif dari Baznas Kabupaten Siak yang di serahkan langsung secara Simbolis oleh Wakil Bupati Siak Drs. H Alfedri MSi didampingi Komisioner Baznas dan Camat di Masjid Al Mukarromah Lubuk Dalam pada Rabu 17 Oktober 2018.

Turut hadir dalam acara anggota DPRD Siak Dapil II H. Tarmijan SE, Fairus Perwakilan PTPN5, Perwakilan Polsek Lubuk Dalam, pimpinan Unit Bank BRI Lubuk Dalam, Unit Bankriau Kepri, Ketua Upz Syukron Wahid M.Pd, KUA, Uptd Pendidikan, Kepala Kampung se kecamatan Lubuk Dalam.

Dalam arahan Alfedri, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Lubuk Dalam, tertuma para Muzaki yang telah menyalurkan zakatnya melalui Baznas dan Upz setempat.

"Saya senang pada pendistribusian zakat kali ini, karena hasil pengumpulan zakat yang dikumpulkan oleh Upz Lubuk Dalam, sejak Januari sampai Oktober 2018, sudah lebih dari Rp800 juta. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun lalu, ini bisa kita lihat dari jumlah zakat yang disalurkan ke Mustahik pada hari ini cukup besar," kata Alfedri yang juga sebagai Duta Zakat Kabupaten Siak itu.

Tidak lupa, Alfedri mengapresiasi Upz dan aparat kecamatan dan Kampung yang telah bekerja keras melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat tetang pentingnya zakat dalam kehidupan bermasyarakat.

Meski demikian, Alfedri mengingatkan aparat tersebut tetap optimis untuk mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya, apalagi di kecamatan Lubuk Dalam penghasilan masyarakat rata dari perkebunan sawit memiliki potensi zakat yang cukup besar.

"Saya berharap kepada masyarakat yang telah berpenghasilan mencapai nisab, agar mengeluarkan zakatnya ke Baznas sebagai lembaga resmi yang telah dibentuk oleh Pemerintah," ajaknya.

Menurutnya, jika pengumpulan zakat mengalami peningkatan secara terus menerus, maka akan banyak lagi para mustahik yang akan terbantu, dan diharapkan kedepannya mustahik yang dibantu kelak menjadi Muzaki pula yaitu orang yang mengeluarkan zakat.

Tak hanya itu, Alfedri mengharapkan kepada para mustahik yang telah mendapatkan zakat, agar senantiasa mendoakan para Muzaki yang telah menunaikan zakatnya, supaya dimurahkan rezekinya dan diberikan keberkahan oleh Allah Swt.

Sementara itu, Camat Lubuk Dalam T. Indra Putra S.STP menyampaikan bahwa pengumpulan Zakat Tahap III Periode Mei hingga akhir September 2018 mencapai Rp 478.750.000,-. Jumlah tersebut meningkat dari periode tahun yang lalu dan hal itu berkat kerjasama pihak Upz kecamatanb dan Upz kampung saling bersinergi dan berkoodinasi dengan pemerintah kecamatan dan pemerintah kampung.

"Dengan meningkatnya pengumpulan zakat di kecamatan Lubuk Dalam, tentu lebih banyak para mustahik dan pelaku usaha terbantu, diharapkan kedepan para Mustahik yang sekarang sebagai penerima zakat,nantinya menjadi status Muzaki yaitu orang yang memberi zakat," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua UPZ Lubuk Dalam Ust. Syukron Wahid M.Pd, menjelaskan zakat disalurkan dilakukan dengan dua pola, yakni pola konsumtif terdapat 171 orang dan pola produktif 42 orang.

Dijelaskannya, untuk pola konsumtif disalurkan berbentuk sembako dan uang tunai, sedangkan untuk pola produktif diberikan sesuai dengan usaha yang akan dilakukan oleh mustahik seperti pengadaan ternak, usaha lele bio flock dan modal usaha dagang maupun usaha industri rumah tangga.

Syukron menyampaikan kedepannya ia bersama-sama rekan Upz lainnya, tetap komit untuk mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya dan tidak akan bosan-bosannya untuk mensosialisasikan zakat.

"Kami akan jemput bola dengan bersilaturrahmi rumah ke rumah penduduk yang punya potensi zakat, sehingga potensi zakat yang cukup besar di kecamatan Lubuk Dalam bisa secara perlahan tercapai secara maksimal," tutup Syukron. (man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.