Home / Hukrim / Nyamar Jadi Mekanik Listrik, Residivis Curas 'Kuras' Harta IRT Dibekuk Polsek Payung Sekaki

Nyamar Jadi Mekanik Listrik, Residivis Curas 'Kuras' Harta IRT Dibekuk Polsek Payung Sekaki

Nyamar Jadi Mekanik Listrik, Residivis Curas 'Kuras' Harta IRT Dibekuk Polsek Payung Sekaki
Humas Polresta For Okertimes.com
Kapolsek Payung Sekaki AKP Rachmat C Yusuf SIK didampingi Kanit Reskrim Ipda Iman Falucki STK dan Paur Humas Ipda Budhia Dianda saat menggelar Konferensi Pers pengungkapan kasus curas yang dilakukan pelaku di Loby Polsek Payung Sekaki Pekanbaru, Jumat, 12 Oktober 2018.

Pekanbaru, Oketimes.com - Kewaspadaan masyarakat sepertinya harus ditingkatkan lagi untuk menangkal para pelaku modus kejahatan kriminal saat beraksi dimanapun berada, tidak terkecuali di pelosok desa, terutama di kawasan penduduk padat.

Hal inilah yang dilakukan seorang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di kota Pekanbaru. Untuk memuluskan aksinya, ia berpura-pura menyamar sebagai mekanik listrik untuk memasuki sebuah rumah dan beraksi menguras barang-barang berharga milik korbannya.

Kejadian itulah yang dialami oleh NS (39) tahun, seorang Ibu Rumah Tangga (IRT), warga Jalan Pemuda Perum Pondok Mutiara Kel. Tirta Siak Kec. Payung Sekaki Kota Pekanbaru, Jumat 05 Oktober 2018 sekira pukul 14.30 WIB.

Dimana saat kejadian, korban sedang berada di dalam rumah, kemudian pelaku masuk ke dalam rumah korban yang mengaku sebagai mekanik listrik. Setelah masuk kedalam rumah, pelaku malah menodongkan yang diduga senjata tajam ke pinggang korban.

Merasa keadaan terancam, korban menyerahkan barang-barang berharga milik korban kepada pelaku berupa Handphone sebanyak 2 unit, Sepeda Motor Yamaha N- Max sebanyak 1 unit dan uang tunai sebanyak Rp 250.000.

Tidak sampai disitu, pelaku juga mengambil 1 lembar ATM BCA milik korban dan memaksa meminta nomor kode pin ATM tersebut secara paksa. Lantaran diancam akan dibunuh, korban pun akhirnya memberikan kode pin atm tersebut kepada pelaku.

Usai mendapatkan barang-barang berharga milik korban, pelaku langsung pergi meninggalkan rumah korban dan membawa barang hasil rampokan milik korban.

Merasa menjadi korban pencurian dengan kekerasan (Curas), korban pun melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Payung Sekaki dengan No LPNomor : LP/ 322 / X / 2018 / Riau / Polresta Pku / Sektor Payung Sekaki, tgl 05 Oktober 2018.

Berdasarkan laporan tersebut, Kapolsek Payung Sekaki AKP Rachmat C Yusuf SIK memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Iman Falucki STK beserta tim buser melakukan penyelidikan kasus Curas tersebut. Alhasil, Senin 08 Oktober 2018 sekitar pukul 17.30 WIB, Tim Opsnal mendapat informasi keberadaan pelaku berada di daerah Kulim Kec. Tenayan Raya Pekanbaru.

Tak mau ketinggalan buruan, Team opsnal melaporkan informasi tersebut kepada Kapolsek dan mendapat perintah kepada Kanit Reskrim Ipda Iman Falucky, S.T.K, beserta Team opsnal melakukan penyelidikan ke tmpt pelaku yang dimaksud.

Setiba di TKP, pelaku berhasil ditangkap serta diinterogasi. Kepada petugas pelaku mengaku telah melakukan Pencurian dengan Kekerasan di dalam rumah korban yang berada di Jalan Pemuda Pondok Mutiara Blok Kel. Tirta Siak Kec. Payung Sekaki Pekanbaru.

"Pelaku berinisial HS alias Hadi sekaligus mantan napi yang baru 6 bulan bebas dari penjara ini, nekat merampok rumah seorang ibu rumah tangga tersebut," kata Kapolsek Payung Sekaki AKP Rachmat C Yusuf SIK didampingi Kanit Reskrim Ipda Iman Falucki STK dan Paur Humas Ipda Budhia Dianda pada Konferensi Persnya di Loby Polsek Payung Sekaki, Jumat 12 Oktober 2018.

Dijelaskan Kapolsek, sepeda motor yang diambil pelaku telah berhasil diamankan petugas dari pembeli motor curian tersebut dari Perawang yang saat ini menjadi DPO Polsek Payung Sekaki.

Selanjutnya pelaku yang merupakan residivis yang baru enam bulan ini keluar dari penjara digelandang beserta barang bukti yang berhasil dicurinya ke Polsek Payung Sekaki untuk proses lebih lanjut.

Terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH menerangkan kepada media bahwa pelaku curas ini cukup nekat melaksanakan aksinya di Perumahan dengan menyamar sebagai mekanik listrik.

"Aksi ini cukup langka terjadi di Pekanbaru dan tergolong nekat, diharapkan masyarakat agar berhati-hati menerima tamu yang ingin berkunjung kerumah untuk menghindari kejadian serupa terjadi, himbau Kapolresta. (ars)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.