Home / Senibudpar / Kabupaten Siak Terima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda dari Kemendikbud

Kabupaten Siak Terima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda dari Kemendikbud

Kabupaten Siak Terima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda dari Kemendikbud
Diskominfotik Siak For Oketimes.com
Usai menerima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid, Wakil Bupati Siak Drs AH Alfedri MSi foto bareng bersama di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu malam (10/10/2018).

Jakarta, Oketimes.com - Kabupaten Siak terima Sertifikat Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yang diserahkan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid di Gedung Kesenian Jakarta, Rabu malam (10/10/2018).

Untuk Provinsi Riau sendiri mendapatkan sebanyak 14 karya budaya yang sudah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia tahun ini. Ada pun ke-14 karya budaya WBTB 2018 yang diterima Riau yakni Ghatib Beghanyut (Siak), Syair Siak Sri Indrapura (Siak), Silek Tigo Bulan (Rokan Hulu), Ratik Bosa/Ratik Togak (Rokan Hulu) Lukah Gilo Riau (Rokan Hulu).

Selain itu, Tari Gendong (Siak, Meranti, Bengkalis), Kayat Kuansing/Kayat Rantau Kuantan (Kuantan Singingi), Nandung Indragiri Hulu (Indragiri Hulu), Silat Pangean (Kuantan Singingi), Belian (Pelalawan), Basiacuong (Kampar), Pantun Atui (Kampar), Badondong (Kampar), Kotik Adat Kampar (Kampar).

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid dalam sambutannya mengatakan bahwa pelestarian warisan budaya perlu diperhatikan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pemangku kebudayaan.

Selain itu dia juga memaparkan adanya berbagai kondisi yang perlu dihadapi diantaranya yakni akan mulai hilangnya warisan budaya yang telah ada dari zaman leluhur, maupun pengakuan warisan budaya yang ada di negeri nusantara oleh negara lain. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan dan kepedulian budaya tak benda yang ada di tanah air.

"Saya mengharapkan kepada gubernur, bupati dan walikota serta pemangku kebudayaan untuk melakukan pembinaan warisan budaya tak benda sebagai kekuatan budaya dalam pembangunan berkelanjutan," harap Farid.

Sementara Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri M.Si, mengapresiasi pengakuan pemerintah terhadap warisan budaya tak benda yang banyak dimiliki oleh negara ini khususnya provinsi Riau.

"Riau ini kaya dengan beragam budaya, dan Alhamdulillah diakui oleh Pemerintah. Tentu malam ini kita patut bersyukur atas  Budaya yang kita punyai,yang belum tentu ada di negara lain,untuk Kabupaten siak yang masuk dan mendapatkan Sertifikat yakni Syair Siak Sri Indrapura, Tari Gendong dan Ghatib Beghanyut," tutupnya.

Penyerahan WBTB yang dipusatkan di Gedung Kesenian diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim. Sebelum acara dibuka dengan penampilan Syair Siak Sri Indrapura yang dibacakan oleh Winda Harniati, sehingga berhasil memukau sejumlah Gubernur, Bupati dan Walikota di Indonesia yang hadir pada penyerahan sertifikat WBTB tersebut. Penampilan syair Siak juga menjadi promosi Budaya Riau. (hms/man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.