Home / Lingkungan / Ikatan Ahli Geologi Indonesia Temui Syamsuar

Ikatan Ahli Geologi Indonesia Temui Syamsuar

Ikatan Ahli Geologi Indonesia Temui Syamsuar
Diskominfotik Siak For Oketimes.com
Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi dengan tim panitia PIT IAGI yang telah diadakan pada Kamis, 4 Oktober 2018 di Sultan Resto Pekanbaru.

Siak, Oketimes.com - Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), berencana akan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan ke 47 (PIT 2018) dengan tema "Sustainable Management of Natural Resources and Environment for Indonesia" yang akan diselenggarakan pada 29 Oktober 2018 di Pekanbaru, Riau.

Ada beberapa diskusi panel yang sudah disiapkan oleh panitia PIT IAGI, dengan mengundang narasumber tingkat nasional, salah satunya Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, MSi dengan tim panitia PIT IAGI yang telah diadakan pada Kamis, 4 Oktober 2018 di Sultan Resto Pekanbaru.

Pada silaturahim itu, agenda utama yang diangkat mengenai sosialisasi persiapan kegiatan PIT IAGI 2018, yang akan berlangsung di Pekanbaru pada akhir bulan Oktober 2018 ini. Panitia sekaligus mengundang Drs H. Syamsuar sebagai narasumber diskusi panel dalam perhelatan tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia tersebut.

H Syamsuar sendiri menyambut baik dan mendukung acara PIT IAGI ini dan dia sendiri memberikan beberapa saran dan masukan terhadap acara tersebut dan terutamanya pada peran Ahli Geologi yang ada di Provinsi Riau.

Syamsuar memberikan tantangan kepada para Ahli Geologi baik yang berlatar belakang sebagai akademisi, profesional ataupun swasta untuk dapat memaksimalkan potensi-potensi geologi yang ada di Riau.

Selain industri Migas yang telah lama beroperasi di Provinsi Riau, geowisata merupakan salah satu potensi yang akan dikembangkan dalam menarik wisatawan. Geowisata Ulu Kasok, diagendakan akan dilaunching pada perhelatan PIT IAGI ke-47 mendatang. Penelitian mengenai Geowisata ini merupakan hasil kerjasama antara IAGI Pengda Riau dan Akademisi Geologi Universitas Islam Riau.

Dalam pengelolaan Sumber Daya Geologi di Riau, direncanakan akan melibatkan dan bersinergi dengan institusi-institusi atau perusahaan-perusahaan swasta yang lainnya.

Oleh karena itu, IAGI Pengda Riau mengharap kepada Gubernur sebagai Kepala Pemerintahan Daerah Riau untuk mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur sebagai regulator yang mengatur tata cara pengelolaan Sumber Daya Geologi Riau yang adil dan hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat Riau dan Indonesia.

Selain itu, H. Syamsuar menambahkan, potensi-potensi geologi yang ada di Riau ini harus bisa segera dieksplorasi secara maksimal dan diinventarisasi dengan pengelolaan database yang baik. Sehingga diharapkan kedepannya, IAGI Pengda Riau dapat berperan dalam pengelolaan Sumber Daya Geologi Riau dan Provinsi Riau bisa menjadi Provinsi yang mandiri energi.

Tidak lupa pula Gubernur Riau terpilih ini mengingatkan, bahwa Provinsi Riau tidak luput dari bencana alam, karena itu dia meminta kepada IAGI Pengda Riau, untuk dapat aktif melakukan penelitian dan menghasilkan peta potensi bencana di Provinsi Riau.

"Sehingga masyarakat Riau miliki sumber informasi dan tindakan prefentif ataupun mitigasi bencana dapat dilakukan dengan maksimal," harap syamsuar. (hms/man)
Sempena Kejurprov Panahan Riau 2018, Perpani Siak Raih Juara Umum 2

Siak, Oketimes.com - Sebanyak 17 atlet panahan di bawah naungan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Siak, mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) II Panahan yang diadakan oleh Perpani Riau 5 - 7 Oktober 2018 di Rengat. Perolehan medali secara total, Perpani Siak berada di urutan ke 2 dengan perolehan medali, 10 Medali Emas, 11 Perak dan 4 Perunggu.

Medali emas pertama disumbangkan oleh Thania Rizqi Aliyya di nomer Nasional U-13 Putri. Selanjutnya berturut-turut medali didapat dari nomor Compound Eksekutif Putra atas nama Siswanto, Muhammad Afdi di nomor Nasional 50  dan 30 meter putra. Untuk medali perak  disumbangkan oleh Wanita, Riska Sakdiah, Younggi Raufanto, M. Imanda Imawan dan M. Fajar Nugraha. Perungu didapat dari Guslayla di nomer Nasional U-16 putri.

Tambahan pundi-pundi medali ini didapat dari nomer-nomer beregu baik putra dan putri. Sebelumnya Siswanto, Ketua Perpani Siak mengungkapkan kebahagiaannya melihat semangat para atlet yang ikut bertanding dalam kejuaraan panahan ini.

"Saya merasakan betul kesungguhan atlet Siak untuk memberikan yang terbaik buat daerahnya, apalagi beberapa hari lagi Siak akan merayakan ulang tahun ke 19, Raihan medali ini sebagai kado ulang tahun Siak dari seluruh insan panahan Kabupaten Siak" kata Siswanto, Minggu (7/10/2018).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Siak, KONI Siak, PT. BSP dan pihak-pihak lain yang telah mensupport kontingen Panahan Siak sehingga dapat mengikuti Kejurprov tahun ini.

Ia berharap support tersebut dapat menambah motivasi para atlet untuk dapat mempersembahkan prestasi terbaiknya dalam mengharumkan nama Kabupaten Siak melalui olahraga panahan ini.

Dijelaskannya, pada Kejurprov II Panahan tahun ini, Perpani Siak menurunkan atlet-atletnya pada nomor-nomor bergengsi seperti Divisi Compound Putra, Div. Nasional Putra, Div. Nasional U-13 Putra Putri, Div. Nasional U-16 Putra Putri, Div. Compound Eksekutif Putra dan Div. Bare Bow Putra Putri

"Kejurprov II Panahan kali ini selain dimaksud untuk menjadi ajang kompetisi antar atlet panahan yang ada di Riau, juga menjadi sarana mencari atlet panahan yang akan mewakili Riau pada ajang Kejurnas Panahan tahun ini yang rencananya akan dilaksanakan di Yogyakarta Desember mendatang," terangnya.

Terakhir, Siswanto berharap Kejurprov dapat menjadi sarana untuk lebih memasyarakatkan olahraga khususnya memanah. "Semoga melalui Kejurprov ini dapat menjadi sarana untuk lebih memasyarakatkan olahraga ini," harapnya. (man)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.