Home / Pendidikan / Pengabdian Masyarakat, Polbeng Hibah Aplikasi Penyeleksian Proposal Peminjam Dana

Pengabdian Masyarakat, Polbeng Hibah Aplikasi Penyeleksian Proposal Peminjam Dana

Pengabdian Masyarakat, Polbeng Hibah Aplikasi Penyeleksian Proposal Peminjam Dana
Diskominfotik Bengkalis For Oketimes.com
Tim pengabdian prodi rekayasa perangkat lunak Politeknik Negeri Bengkalis.

Bengkalis, Oketimes.com – Tim pengabdian prodi rekayasa perangkat lunak Politeknik Negeri Bengkalis membuat aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu tata usaha dalam menyeleksi proposal peminjaman dana oleh pemanfaat Usaha Ekonomi Desa – Simpan Pinjam (UED-SP).

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Fajar Ratnawati selaku ketua Tim Pengabdian masyarakat Polbeng, Senin 1 Oktober 2018 melalui rilis yang dikirim ke Diskominfotik Bengkalis.

Fajar mengatakan kenapa dilaksanakan UED-SP Barokah Desa Senderak karena persyaratan peminjaman dana masih dilakukan secara manual.

"Membutuhkan waktu yang lama untuk menentukan siapa penerima yang akan menerima pinjaman dana serta kemungkinan kesalahan dalam pengecekan berkas persyaratan sangat besar, selain itu pengelola harus mengecek ulang peminjam mana yang mengalami permasalahan pembayaran dalam peminjam sebelumnya," ungkap Fajar.

Fajar menjelaskan untuk membuat aplikasi ini terdiri dari beberapa anggota yakni, Rezki Kurniati dari Dosen Polbeng, Tim Laboran Ayu Ramadhani dan Supendi dan Tim Mahasiswa Mukhlis, Anis Maslihah, Bismi Hayati.

"Aplikasi yang dibuat pada program pengabdian masyarakat ini disebut dengan aplikasi penyeleksian proposal peminjaman dana, dan pengguna aplikasi ini menginginkan dapat melakukan pengelolaan data penyeleksian proposal peminjaman dana berdasarkan berkas yang di unggah," terang Fajar.

Fajar juga menjelaskan aplikasi ini juga dapat menampilkan daftar hitam peminjam yang vermasalah dalam pembayaran sehingga pengelola dapat menentukan dengan cepat peminjam yang akan dapat mendapatkan pinjaman dana.

"Nantinya aplikasi ini akan menghasilkan sebuah laporan daftar peminjam yang diterima proposal peminjam dana, dan aplikasi ini sudah kita hibahkan di Desa Senderak untuk dimanfaatkan secara maksimal," tutup Fajar.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.