Home / Senibudpar / Lenggok Puteri Cina dan Pindahnya Tanah Sakai, Hantar SDN 7 Bengkalis dan SMPN 1 Pinggir Juara 1

Festival Tari Kreasi Melayu Riau Tingkat Kabupaten Bengkalis

Lenggok Puteri Cina dan Pindahnya Tanah Sakai, Hantar SDN 7 Bengkalis dan SMPN 1 Pinggir Juara 1

Lenggok Puteri Cina dan Pindahnya Tanah Sakai, Hantar SDN 7 Bengkalis dan SMPN 1 Pinggir Juara 1
Diskominfotik Bengkalis For Oketimes.com
Penampilan tarian Pindahnya Tanah Sakai dibawakan SMP Negeri 1 Kecamatan Pinggir.

Bengkalis, Oketimes.com - Sekolah Dasar (SD) Negeri 7 Kecamatan Bengkalis dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kecamatan Pinggir mendapatkan juara 1 pada Festival Tari Kreasi Melayu Riau tahun 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis yang di selenggarakan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis di Balai Kerapatan Adat Wisma Sri Mahkota Jalan Antara Bengkalis Sabtu, 29 September 2018.

Lewat tarian bernama "Lenggok Puteri Cina" dari SD Negeri 7 Kecamatan Bengkalis dan "Pindahnya Tanah Sakai" dibawakan SMP Negeri 1 Kecamatan Pinggir mampu memukau dewan juri yakni, H. Hirfan Nur dari Sanggar Seni Biproduction Pekanbaru, Rasifral dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, dan Kabid Kebudayaan, Disparbudpora, Khairani sehingga memberikan nilai tertinggi dibandingkan peserta lainnya.

Tarian Lenggok Puteri Cina yang dibawakan Farah, Ayu, Syahira, Embun dan Ima menceritakan beragam adat dan suku yang melimpah di Negeri Junjungan. Dengan pesona keindahan gerak dan rentak berbeda, langkah demi langkah tari melayu dan cina terjalin indah menyatukan budaya yang kaya di Nusantara melalui tarian Lenggok Puteri Cina.

Sementara Tarian Pindahnya Tanah Sakai yang dibawakan oleh penari pria ini menceritakan bagaimana orang tua dahulu hidup di tanah Sakai yang jauh dari arti perkembengan zaman, kini anak muda yang lahir di tanah Sakai mulai bergerak dan bergeser ke tanah modern atau zaman perkembangan.

Terlihat saling bahu-membahu membangun kepercayaan bersama dalam perjalanan menuju modernisasi. Diambil dari gerak orang Sakai dikembangkan  menjadi bentuk baru, dilihat sifat orang Sakai dulunya menggunakan simbool properti yang sudah modern. Festival Tari Melayu Riau ini diikuti 23 kelompok tari dengan 2 kategori yakni, kategori SD 14 kelompok dan kategori SMP 9 kelompok.

Kategori SD, SD Negeri 1 Kecamatan Bengkalis berhasil unggul dengan perolehan nilai 912, sedangakan juara II diperoleh SD Negeri 4 Kecamatan Bengkalis dengan nilai 858 dan nilai 855 juara III SD Negeri 46 Kecamatan Bengkalis.

Kemudian berhasil mengumpulkan nilai 798, SD Negeri 2 Kecamatan Pinggir mendapatkan harapan I, nilai 780 harapan II dari SD Negeri 5 Kecamatan Bengkalis dan harapan III SD Negeri 2 Kecamatan Bengkalis dengan nilai 769.

Kategori SMP, nilai 949 mengantarkan SMP Negeri 1 Kecamatan Pinggir sebagai juara I, juara II SMP Negeri 1 Bantan dengan nilai 907 dan selisih 22 angka yakni 885, SMP Negeri 3 Kecamatan Bengakalis meraih juara III.

Harapan I dengan nilai 866 dari MTS Negeri 2 Kecamatan Bantan, harapan 842 MTS Negeri 1 Kecamtan Bengkalis dan harapan III perolehan nilai 827 SMP Negeri 2 Kecamatan Bukit Batu.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.