Home / Sosial / Baznas Siak Berikan Pelatihan Budidaya Lele Biofloc kepada Mustahik Pola Produktif

Baznas Siak Berikan Pelatihan Budidaya Lele Biofloc kepada Mustahik Pola Produktif

Baznas Siak Berikan Pelatihan Budidaya Lele Biofloc kepada Mustahik Pola Produktif
Man Oketimes.com
Sebanyak 46 orang Mustahik dari UPZ kecamatan dan Kampung se-kabupaten Siak yang selengggarakan di Upz Kampung Pangkalan Makmur kecamatan Dayun, Minggu (16/09/2018).

Siak, Oketimes.com - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mustahik terhadap budidaya ikan lele, Baznas Kabupaten Siak berikan pelatihan khusus kepada para mustahik produktif petani lele dengan sistem budidaya lele bioflok.

Acara ini diikuti oleh 46 orang Mustahik dari UPZ kecamatan dan Kampung se-kabupaten Siak yang selengggarakan di Upz Kampung Pangkalan Makmur kecamatan Dayun, Minggu (16/09/2018).

Hadir Ketua Baznas Kab Siak, Abdul Rasyid Suharto Pua. Upa M.Ed, Camat Dayun, Wakil Ketua II Dadang S.Ag, Iswahyudi sebagai pemateri dari Surabaya, Kabag Pendistribusian Irwansyah SH, Ketua UPZ Dayun Mahmuda beserta pengurus dan ketua UPZ Kampung Pangkalan Makmur dan seluruh pengurus.

Pelatihan budidaya lele yang diberikan kepada mustahik ini Merupakan budidaya lele dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk mengolah limbah budidaya lele itu sendiri. Dengan menumbuhkan mikroorganisme, limbah budidaya ikan lele akan menjadi gumpalan-gumpalan kecil (flok).

Gumpalan-gumpalan yang terdiri dari berbagai mikroorganisme air seperti bakteri, algae, fungi, protozoa, metazoa, rotifera, nematoda, gastrotricha dan organisme lain yang tersuspensi dengan detritus, kemudian akan menjadi makanan-makanan alami ikan.

Proses penumbuhan mikroorganisme tersebut dilakukan dengan memberikan kultur bakteri nonpathogen (probiotik) dan memasang aeratoer yang akan menyuplai oksigen serta mengaduk kolam.

Maka dari dengan menggunakan sisitem dan pola kerja semacam ini untuk memudahkan para petani Lele terutama para Mustahik yang di bina oleh Baznas.

Ketua Baznas Kab Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan ini sengaja diprogramkan dan didatangkan narasumber sebagai Pemateri dari Surabaya oleh Iswahyudi, dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan para mustahik khususnya para petani lele yang ada di kabupaten Siak.

"Kenapa sistem Bioflok ini kita berikan kepada mustahik?, karena dengan sistem bioflok banyak manfaatnya dan mempermudah kerja serta hasil panen lebih besar ketimbang dengan sistem lainnya.

Untuk itu dia berharap dengan diberikan pelatihan dan dilakukan pendampingan terhadap mustahik, tentunya tarap ekonomi mustahik akan baik dan diharapkan mereka bisa terbebas dari himpitan ekonomi. (man)

 

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.