Home / Pemerintahan / Kemenhan RI Gelar Seminar Penanganan Ancaman Non Militer

Kemenhan RI Gelar Seminar Penanganan Ancaman Non Militer

Kemenhan RI Gelar Seminar Penanganan Ancaman Non Militer
Ist
Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menggelar Seminar tentang "Sinergitas Penanganan Ancaman Non Militer" di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (13/9/2018).

Pekanbaru, Oketimes.com - Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI menggelar Seminar tentang "Sinergitas Penanganan Ancaman Non Militer" di Ruang Rapat Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (13/9/2018).

Adapun Seminar dengan tema "Peran Pemda, Masyarakat dan Pegawai Pemerintah Dalam Penanganan Ancaman Non Militer di Provinsi Riau" ini dibuka oleh Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Wan Thamrin Hasyim dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting sekali terutama untuk di Provinsi Riau karena lokasinya yang strategis dan berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan lokasi yang strategis ini menjadikan Provinsi Riau rawan terkena ancaman non militer seperti masalah SARA, penyelundupan narkoba hingga human trafficking.

"Ancaman non militer ini sangat mengganggu sekali," ungkap mantan Bupati Rohil periode 2001-2006.

Wan Thamrin juga mengungkapkan bahwa permasalahan ini tentunya tidak akan bisa diatasi sendirian oleh pihak aparat keamanan, baik dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara karena begitu luasnya wilayah perairan di Provinsi Riau.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh lapisan masyarakat untuk saling bersinergitas dengan pihak aparat dalam upaya penanganan ancaman non militer tersebut di Provinsi Riau.

"Kepada para generasi muda agar membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif," pesan Wagubri.

Ia juga berpesan kepada para mahasiswa yang hadir sebagai generasi penerus untuk mulai memikirkan bagaimana perkembangan dan Riau di masa yang akan datang serta tantangan yang akan dihadapi kedepannya, terutama permasalahan ancaman non militer.

"Kita harapkan bersama, semoga dengan adanya seminar ini dapat memunculkan sinergitas semua pihak terhadap penanganan ancaman non militer di Provinsi Riau," pungkasnya. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.