Home / Sport / Pimpin Apel Haornas, Andi Rachman Sisir Area CFD Bersama Atlet Asian Games

Pimpin Apel Haornas, Andi Rachman Sisir Area CFD Bersama Atlet Asian Games

Pimpin Apel Haornas, Andi Rachman Sisir Area CFD Bersama Atlet Asian Games
Ist
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat berjalan kaki bersama para pejabat pemrov Riau dan Forkopinda sebelum memimpin apel Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 tahun 2018 di Kantor Gubernur Riau.

Pekanbaru, Oketimes.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman pimpin apel Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 pagi tadi, sebelum pelaksanaan Haornas 2018 di Kantor Gubernur Riau tersebut, Andi Rachman (sapaan akrabnya) terlebih dahulu berjalan kaki dari kediamannya Jalan Diponegoro di ikuti sejumlah pejabat yang hadir.

Ada pun saat mempimpin apel Haornas, orang nomor satu di Riau tersebut berkesempatan membacakan sambutan tertulis dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Tema besar yang diusung pada peringatan Haornas kali ini yakni, ayo olahraga, bangun Indonesia.

"Tema ini mengandung makna bahwa kita mengajak untuk berolahraga. Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa yang sehat, membangun badan yang kuat," kata Andi saat membacakan sambutan tertulis Menpora, Minggu (9/9/2018).

Disampaikan, tahun ini merupakan tahun olahraga. Dimana pada tahun ini banyak peristiwa-peristiwa penting dalam olahraga tanah air. Mulai dari Asian Games, Asian Para Games, dan juga berbagai event nasional maupun Internasional di bidang olahraga pretasi.

Dalam tahun olahraga ini bangsa Indonesia mendapat kado istimewa dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games dan juga sukses prestasi. Didalam mencapai prestasi tersebut, tentu tidak muncul secara tiba-tiba. Prestasi lahir karena dipersiapkan secara matang dan sistematik serta dukungan semua pihak disertai doa dari seluruh masyarakat Indonesia.

"Tahun ini pula kita semakin kuatkan olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan sebagai fondasi menuju pembangunan olahraga yang lebih utuh termasuk di dalamnya membangun prestasi. Karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi," ungkap Andi.

Dalam konteks pembangunan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Nomor 18 Tahun 2017 tentang gerakan ayo olahraga, sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

Semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur: baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan. Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup.

"Alhamdulillah, tahun ini banyak generasi muda kita telah menorehkan prestasi membanggakan. Seperti kita ketahui, ada Lalu Muhammad Zohri anak muda kita pelajar SMA telah menorehkan prestasi Juara Dunia U-20 melalui lari 100 meter. Kita lihat juga pemain catur Samantha dalam usia 10 tahun telah menjadi juara dunia," papar Andi.

Selain itu lanjut Andi, atlet Wushu juga juara dunia pelajar. Tim sepakbola U-16 telah membuat prestasi gemilang di cabang sepakbola dengan menjuarai AFF, Timnas Pelajar juga menjuarai level Internasional baik U-12, U-15, angkat besi dan voli pasir, bulutangkis dan berbagai cabangcabang olahraga lainnya telah sukses lolos Youth Olympic.

Usai memimpin apel, Andi Rachman bersama pejabat di lingkungan Pemprov Riau, termasuk sejumlah atlet Riau yang berhasil mengharumkan nama daerah dan negara pada perhelatan Asian Games berjalan menyusuri area Car Free Day (CFD) di Jalan Cut Nyak Dien dan Sudirman.

Masing-masing atlet membawa medali yang telah diraihnya. Pemandangan ini pun menjadi perhatian warga yang sedang berada di kawasan CFD. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.