Home / Lingkungan / Ungkap Praktek Ilegal Loging di Lahan HPH PT DRT, Aktivis IPSPK3-RI Apresiasi Ditreskrimsus Polda Riau

Ungkap Praktek Ilegal Loging di Lahan HPH PT DRT, Aktivis IPSPK3-RI Apresiasi Ditreskrimsus Polda Riau

Ungkap Praktek Ilegal Loging di Lahan HPH PT DRT, Aktivis IPSPK3-RI Apresiasi Ditreskrimsus Polda Riau
Ist
Tim Subdit II Ditreskrimsus Polda Riau, saat mengamankan aktivitas ilegal loging di lahan HPH Pt DRT, Kamis 6 September 2018 dan Laporan LSM IPSK3RI yang dilaporkan ke Polda Riau, terkait aktivitas pelaku ilegal loging di lahan tersebut.

Pekanbaru, Oketimes.com - Aktivis Lembaga Independen Pembawa Suara Pemberantas Korupsi Kolusi dan Kriminal Ekonomi Republik Indonesia (IPSPK3-RI) Provinsi Riau, mengapresiasi langkah dan upaya Ditreskrimsus Polda Riau, guna mengungkap adanya praktek ilegal loging di atas lahan konsesi HPH PT. DRT pada Kamis 6 September 2018.

Apresiasi tersebut, disampaikan langsung Ketua Umum LSM IPSPK3-RI, Ir Ganda Mora pada oketimes.com di Pekanbaru, Sabtu 8 September 2018. Ia menyebutkan, sebelum pihak Ditreskrimsus Polda Riau, melakukan pengembangan penyelidikan tersebut, IPSPK3-RI sebelumnya sudah melaporkan hal itu, terkait maraknya pengerusakan kawasan HPH PT DRT ke Mapolda Riau belum lama ini.

"Laporan itu, kita kirimkan pada bulan Maret 2018 lalu, dengan nomor surat 008/ lap- IPSPK3-RI/III/ 2018, terkait adanya usaha Panglong Arang yang diduga kuat milik Akeng di Kelurahan Batu Tritip Kecamatan Batu Sembilan Kota Dumai," ungkap Ganda Mora.

Menurut Ganda Mora, dari hasil investigasi bersama Tim di kawasan HPH PT DRT belum lama ini, banyak sekali oknum-oknum pengusaha yang berasal dari luar daerah untuk mengeksploitasi kawasan tersebut, sehingga dirinya merasa terpanggil untuk melakukan investigasi dan melaporkan temuan tersebut ke pihak aparat hukum di riau hingga ke Jakarta.

"Kita sih prihatin saja melihat kondisi lahan tersebut, apalagi lahan tersebut merupakan satu-satunya lahan HPH yang ada di Indonesia yang juga sebagai tempat Perlindungan Habitat Harimau Sumatera, pasca rusaknya konsesi hutan Sinepis Dumai selama ini," ulas Ganda Mora.

Dengan adanya kinerja pihak Polda Riau tersebut lanjut Ganda Mora, pihaknta berkeyakinan bahwa setiap kegiatan tanpa izin di areal Hutan Negara akan dapat di tuntaskan, dan berharap kedepannya pihak penyidik dapat menyeret para pelaku hingga ke meja hijau, sehingga ketegasan hukum bisa menjadi efek jera kepada para pelaku perusak hutan dan lingkungan Hidup di daerah Riau.

Terpisah, Direktur Ditreskrimsus Polda Riau Kombes Pol Gideon Arif Setiawan saat dihubungi lewat ponselnya Sabtu siang, belum berhasil dikonfirmasikan terkait adanya pengungkapan adanya praktek ilegal loging di atas lahan konsesi HPH PT. DRT pada Kamis 6 September 2018.

Saat dihubungi lewat ponselnya, Kombes Pol Gideon Arif Setiawan belum bersedia menjawab panggilan awak media ini, meski ponselnya dalam keadaan aktif. Begitu juga pesan yang dirimkan juga belum berbalas, hingga berita ini dimuat. (ars)                     

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.