Home / Advertorial / Gubernur Riau Resmikan Penyalaan Listrik Masuk Desa di Siak

Tersebar di Lima Kabupaten di Riau untuk 17 Desa

Gubernur Riau Resmikan Penyalaan Listrik Masuk Desa di Siak

Gubernur Riau Resmikan Penyalaan Listrik Masuk Desa di Siak
Humas Pemprov Riau For Oketimes.com
Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rachman, didampingi Bupati Siak Drs H Syamsuar bersama Kepala PLN Wilayah Riau dan Kepri M. Irwansyah meresmikan pengaliran Arus Listrik Masuk Desa untuk 17 Desa yang tersebar lima kabupaten di Riau yang dipusatkan di Kantor Desa Lubuk Jering Ke Sungai Mandau Kabupaten Siak, Riau, Selasa 28 Agustus 2018.

Pekanbaru, Oketimes.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman meresmikan Penyalaan Listrik masuk desa bagi 17 Desa yang tersebar di lima kabupaten Provinsi Riau, bertempat di Desa Lubuk Jering Kecamatan Sungai Mandau Kabupaten Siak, Riau, Selasa 28 Agustus 2018.

Adapun 17 Desa yang mendapatkan aliran Listrik tersebut, yakni 11 Desa berada di Kabupaten Indragiri Hilir, 3 Desa Kabupaten Rokan Hulu, sementara di Desa Kabupaten Siak, Kampar dan Kepulauan Meranti masing-masing mendapatkan listrik dari PLN wilayah Riau Kepri.  

Terkait ini, PLN Wilayah Riau dan Kepri, mewujudkan listrik untuk 17 Desa itu, setidaknya sudah mengelontorkan dana sebesar Rp44 miliar dari nilai investasi tersebut mendapatkan panjang jaringan tegangan menengah 101,82 KMS, Jaringan Rendah 63,35 KMS dan Gardu Distribusi 26 Unit dengan total daya 2,35 MVA.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengapresiasi PLN Wilayah Riau dan Kepri, atas peresmian penyalaan listrik di 17 Desa di Riau dan  mengakui pembangunan infrastruktur jaringan listrik pada desa-desa di Provinsi Riau membutuhkan anggaran yang besar. Dengan semangat yang besar program listrik desa harus dituntaskan.

"Kita sangat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan infrastruktur jaringan listrik untuk wilayah di Provinsi Riau. Oleh karenanya, kita optimis Program Riau terang tahun 2019 tercapai," ujar Gubri.

Gubri mengharapkan kepada masyarakat untuk hemat dalam penggunaan listrik dengan peresmian listrik desa ini menjadi moment untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

General Manager PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau M. Irwansyah Putra menjelaskan hingga Juli 2018 rasio elektifikasi Riau sudah mencapai 87 persen adapun rasio elektifikasi yang sudah mencapai 100 persen kota Pekanbaru, Dumai dan Kabupaten Kampar sedangkan rasio elektifikasi masih dibawah 60 persen adalah Kabupaten Pelalawan 59,925 dan Indragiri Hilir 54,2 persen.

"Hampir semua sisa desa yang belum teraliri listrik terkendala pada pengiriman peralatan listrik karena harus melalui sungai, bahkan untuk sampai ke jalan desa, petugas harus gotong –royong dengan masyarakat untuk memikul tiang-tiang listrik," ujar Irwansyah.

Peresmian listrik Desa dengan tajuk Kerja Bersama Terangi Negeri, dihadiri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, direktur PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau M. Irwansyah dan Bupati Siak Syamsuar. Selain itu diserahkan bantuan 100 paket sembako dengan jumlah Rp. 15 juta dan 5 mesin jahit untuk warga Desa Lubuk Jering. (adv)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.