Home / Politik / Parpol Tak Mendukung, Menpan RB Undur Diri

Parpol Tak Mendukung, Menpan RB Undur Diri

Parpol Tak Mendukung, Menpan RB Undur Diri
Int
ILustrasi

Jakarta, Oketimes.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi menyatakan Asman Abnur sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (menteri PAN dan RB) di Kabinet Kerja, terpaksa mengundurkan diri dari jabatannya.

Diduga pengunduran diri itu, terkait dukungan PAN ke pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pilpres 2019. Asman merupakan satu-satunya kader PAN yang berada di Kabinet Kerja.

"Setelah proses pendaftaran pilpres selesai dan setelah diputuskan PAN mengusung capres dan cawapres, yaitu Pak Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Maka hari ini saya telah melakukan komunikasi dengan beliau. Pak Asman menyatakan mohon izin mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Pak Jokowi," ujar Viva pada awak media di Gedung DPR, Selasa (14/8/2018).

Menurut Asman, Pengunduran diri itu dilakukan karena tidak mau membebani pemerintah. Secara politik, PAN berbeda pilihan dengan koalisi Joko Widodo. Asman merasa apabila berbeda, lebih baik dirinya mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet pimpinan Presiden Jokowi.

"Ini juga menjadi sebuah pelajaran politik dalam rangka untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan, serta etika politik," katanya.

Hari ini, lanjut Viva, Asman sudah bertemu Menteri Sekretaris Negara, Pratikno untuk menyatakan pengunduran dirinya. Presiden, lanjutnya, juga tidak akan keberatan dengan pengunduran diri tersebut.***

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.