Home / Lingkungan / BMKG Deteksi 121 Titik Panas di Pulau Sumatera, 65 di Riau

BMKG Deteksi 121 Titik Panas di Pulau Sumatera, 65 di Riau

BMKG Deteksi 121 Titik Panas di Pulau Sumatera, 65 di Riau
Int
ILustrasi

Pekanbaru, Oketimes.com - 121 titik panas (hotspot) terpantau Citra Satelit di Pulau Sumatera pada Senin (13/8/2018) sore ini, terpantau meningkat drastis dari 45 titik menjadi 121 titik dengan level confidence (Kepercayaan, red) di atas 50 persen.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, bahwa 121 titik panas tersebut tersebar di Provinsi Jambi sebanyak dua titik, Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak delapan titik, Sumatera Utara (Sumut) sebanyak 21 titik, Bangka Belitung sebanyak 24 titik dan Riau sebanyak 65 titik.

Dari 65 titik yang terdeteksi citra satelit di Riau itu, terbanyak terpantau di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan 38 titik, Bengkalis 13 titik, Siak empat titik, Kampar empat titik, Dumai tiga titik, Indragiri Hulu (Inhu) dua titik, dan Indragiri Hilir (Inhil) satu titik.

"Dari 65 titik itu, 35 titik diantaranya berada di level confidence di atas 70 persen, yaitu Bengkalis delapan titik, Kampar satu titik, Dubai satu titik, Rokan Hilir 25 titik," kata Marzuki di Pekanbaru, Senin (13/8/2018).

Pagi tadi, BMKG Stasiun Pekanbaru hanya mendeteksi 45 titik panas di Pulau Sumatera. Namun, jumlah ini meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 121 titik. Di mana, Kabupaten Rohil menjadi daerah terbanyak yang menyumbang titik panas. (mcr)

0 Komentar

Tinggalkan komentar

Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.